SOLOPOS.COM - ilustrasi Pilkades (dok)

ilustrasi Pilkades (dok)

WONOGIRI--Di tahun 2012, ada 132 desa di Wonogiri yang menggelar Pemilihan Kepala Desa (Pilkades). Acara itu akan digelar secara tiga tahap yakni di bulan Mei 2012 dengan 23 desa. Tahap kedua yang digelar bulan November 2012 ada 18 desa. Sedangkan sisanya diadakan di bulan Januari 2013 untuk 91 desa.

Promosi Beli Emas Bonus Mobil, Pegadaian Serahkan Reward Mobil Brio untuk Nasabah Loyal

Di tahun anggaran 2011, masih ada satu tahap Pilkades yang akan digelar tanggal 11 Januari 2012 di delapan desa dari enam kecamatan. Yakni Desa Semagar Kecamatan Girimarto, Desa Hargantoro Kecamatan Tirtomoyo dan Desa Selomarto Kecamatan Giriwoyo. Juga Desa Jatirejo dan Desa Pucanganom Kecamatan Giritontro, Desa Slogohimo dan Desa Soco Kecamatan Slogohimo, serta Desa Kerjo Kidul Kecamatan Ngadirojo. Dalam Pilkades tersebut ada 27 orang bakal calon.

“Kami menggelar Pilkades itu secara bertahap karena habis masa jabatan masing-masing Kades tersebut berbeda-beda. Maka, yang berdekatan kami jadikan satu waktu,” terang Kabag Pemerintahan Desa (Pemdes) Setda Wonogiri, Sriyono, saat dijumpai wartawan seusai pengarahan Bupati tentang Pilkades di Pendapa Rumah Dinas Bupati Wonogiri, Rabu (4/1/2012).

Ia menambahkan, anggaran APBD Kabupaten untuk pelaksanaan Pilkades tersebut juga menurun. Di tahun 2011, setiap desa mendapat anggaran Rp 16 juta. Sedangkan di tahun 2012, anggaran yang disediakan yakni Rp 15 juta per desa. Hal itu, lanjut dia, karena jumlah Pilkades yang banyak dan hampir serentak, sehingga anggaran yang dikeluarkan mencapai Rp 2,112 miliar.

(JIBI/SOLOPOS/Ayu Abriyani KP)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya