SOLOPOS.COM - Rencana rekayasa lalu lintas di Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar, 1 Januari 2023. (Istimewa/Humas Polres Karanganyar)

Solopos.com, KARANGANYAR—Satlantas Polres Karanganyar akan memberlakukan arus lalu lintas satu arah di jalan utama Tawangmangu pada 1 Januari 2023. Ruas yang akan dibuat satu arah adalah dari simpang Cicoa hingga Kantor Kelurahan Tawangmangu atau satu arah menuju Solo.

Kapolres Karanganyar AKBP Danang Kuswoyo melalui Kasatlantas Polres Karanganyar, AKP Yulianto, mengatakan rekayasa lalu lintas tersebut diberlakukan jika kendaraan yang melintas di kawasan wisata Tawangmangu tersebut dinilai terlalu padat.

Promosi Strategi Telkom Jaga Jaringan Demi Layanan Telekomunikasi Prima

“Jika arus lalu lintas sangat padat nanti pada 1 Januari 2023, kami akan memberlakukan satu arah di jalan utama Tawangmangu yang menuju Solo,” ujar dia, Selasa (27/12/2022).

Selain memberlakukan satu arah, Satlantas juga akan melakukan rekayasa lalu lintas lainnya. Yakni kendaraan pribadi dari arah Solo menuju Tawangmangu diarahkan melewati jalur alternatif Simpang Somokado-Hotel BIP-Nava Hotel-Grojogan Sewu-simpang Cicoa-jalan tembus Karanganyar-Magetan.

Baca Juga: Musim Liburan, Pengunjung di Telaga Kusuma Jumantono Karanganyar Membeludak

Sedangkan bus, truk, sepeda motor boleh melalui jalur utama Solo-Tawangmangu.

Sementara itu, arus balik kendaraan pribadi dari Tawangmangu menuju Solo dialihkan melalui jalur Matesih.

Yulianto menambahkan jika kendaraan di kawasan Tawangmangu tidak terlalu padat, maka rekayasa-rekayasa lalu lintas tersebut tidak akan diberlakukan.

“Tapi kalau arus lalu lintas normal, tidak ada pengalihan,” imbuh Yulianto.

Pihaknya mengimbau kepada masyarakat yang akan bepergian menikmati liburan selalu berhati-hati dan waspada terhadap segala situasi sehingga semua berjalan aman, nyaman, dan lancar.

Baca Juga: Pemkab Tak Batasi Jumlah Pendaki Gunung Lawu Via Karanganyar

Sementara itu, Kapolsek Tawangmangu, AKP Sutarno, menambahkan bahwa rekayasa lalu lintas tersebut diberlakukan mulai pukul 13.00 WIB atau pada saat pengunjung biasanya mulai turun (menuju arah Solo).

“Rencananya dimulai pukul 13.00 WIB pada saat pengunjung [dari arah Solo] mulai pulang. Sehingga diharapkan arus lalu lintas akan lebih lancar. Rekayasa lalu lintas di Tawangmangu tetap melihat situasi dan kondisi,” ujar dia.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya