SOLOPOS.COM - E-flyer kegiatan Kali Talang Night Camp di Desa Balerante, Kecamatan Kemalang. (Istimewa/Juliyanto)

Solopos.com, KLATEN–Pelaku wisata di Desa Balerante, Kecamatan Kemalang menggelar Kali Talang Night Camp, Sabtu (31/12/2022) hingga Minggu (1/1/2023).

Selain menawarkan pesta malam pergantian tahun di lereng Gunung Merapi, pelaku wisata setempat menawarkan ratusan cangkir kopi gratis sembari mengenalkan potensi setempat yakni Kopi Balerante.

Promosi Selamat! Direktur Utama Pegadaian Raih Penghargaan Best 50 CEO 2024

Salah satu pelaku wisata Balerante, Juliyanto, mengatakan kegiatan itu sekaligus membahas tentang potensi lain dari Desa Balerante.

Tak hanya tentang wisata Kali Talang, Desa Balerante memiliki potensi ekonomi lokal seperti kopi. Kali Talang Night Camp juga menganlkan potensi bencana dari Gunung Merapi sekaligus cara mengantisipasinya.

“Kemudian untuk daya tarik wisata selain Kali Talang, kami juga akan melakukan pemutaran film dokumenter Merapi sekaligus sebagai media informasi dan edukasi mengenai Merapi dan erupsi yang terjadi,” kata Juliyanto saat berincang dengan Solopos.com, Senin (12/12/2022).

Baca Juga: Selamat! 2 Destinasi Wisata Klaten Raih API Award, Girpasang Juara I

Juliyanto mengatakan potensi ekonomi lokal yang dikelola petani Balerante yakni kopi. Selama ini, para petani setempat membudidayakan kopi dan dikelola sendiri dan diberi label Kopi Balerante.

Pelaku wisata menawarkan paket wisata bagi pengunjung yang berminat untuk mengikuti Kali Talang Night Camp. Ada dua paket acara yang ditawarkan.

Dengan biaya Rp100.000 per orang, pengunjung bisa mendapatkan fasilitas di antaranya welcome drink, api unggun, tracking wisata, suvenir, doorprize, makan, snack, tenda camp, matras, serta lampu tenda.

Biaya itu termasuk tiket masuk serta parkir. Sementara, dengan biaya Rp60.000 per orang pengunjung bisa mendapatkan fasilitas di antaranya welcome drink, api unggun, tracking wisata, souvenir, doorprize, makan, dan snack. Biaya itu sudah termasuk tiket masuk dan parkir.

Sementara itu, rangkaian acara diisi dengan pesta malam pergantian tahun, campground, api unggun, edukasi kopi, live music, diskusi lingkungan, aksi bersih, tracking wisata, pesta kembang api, 500 cup kopi balerante gratis, serta pemutaran film dokumenter berjudul Mahaguru Merapi.

Baca Juga: World Tourism Day, Disbudporapar Klaten Tanam 2.000 Pohon di Lereng Merapi

Kali Talang merupakan kawasan yang berada pada ketinggian 1.120 meter di atas permukaan laut (Mdpl) dan berjarak sekitar 4 km dari puncak Gunung Merapi.

Selain pemandangan sejuknya udara di kawasan yang dipenuhi pepohonan tersebut, Kali Talang disebut-sebut menjadi salah satu spot terbaik menikmati pemandangan puncak Gunung Merapi dan alam sekitarnya.

Belum lama ini, Kali Talang mendapatkan penghargaan dari Anugerah Pesona Indonesia (API) Award 2022.

Sebelumnya, dua objek wisata Klaten di lereng Gunung Merapi yakni Girpasang di Desa Tegalmulyo, Kecamatan Kemalang dan Kali Talang di Desa Balerante, Kecamatan Kemalang meraih penghargaan pada ajang API Award 2022.

Girpasang meraih juara I pada kategori dataran tinggi. Sementara, destinasi wisata Kali Talang Bikepark di Desa Balerante, Kecamatan Kemalang meraih Juara III pada kategori wisata olahraga dan petualangan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya