SOLOPOS.COM - Aparat Polsek Sumberlawang, Sragen, mengamankan pencuri kotak amal yang sebelumnya ditangkap warga di Desa Mojopuro, Kecamatan Sumberlawang, Sragen, Jumat (19/1/2023). (Istimewa/Polsek Sumberlawang)

Solopos.com, SRAGEN Belakangan ini publik dibuat gemas dengan aksi pencurian di Masjid Al Ikhlas Taman Asri, Kelurahan Kroyo, Kecamatan Karangmalang, Sragen pada Selasa (5/3/2024). Gagal mencuri kotak amal karena diikat rantai, pencuri mengalihkan targetnya dengan mengembat sepeda angin milik marbot setempat.

Pencuri yang diketahui adalah seorang pria mengambil sepeda jengki merk Phoenix milik Witono, 59, asal Kampung Tlebengan RT 001/RW 007, Kelurahan Sragen Tengah, Kecamatan Sragen, Sragen dan terekam kamera closed circuit television (CCTV). Sepeda itu diangkat di pundak dan melompati pagar masjid.

Promosi Lebaran Zaman Now, Saatnya Bagi-bagi THR Emas dari Pegadaian

Seakan tak takut akan azab Tuhan, masjid yang merupakan tempat suci pun tak jarang jadi sasaran para pencuri. Kasus serupa di Sragen tak hanya sekali dua kali terjadi, namun sudah berulang kali. Berikut beberapa aksi nakal pencuri di masjid Sragen yang pernah diliput Solopos.com:

1. Masjid Sumberlawang pada 2024

Aksi yang dilakukan MSA, 38, asal Jawa Timur diawali dengan merusak kotak amal yang berada di Masjid Miftahul Jannah, Desa Mojopuro, Kecamatan Sumberlawang menggunakan palu, tiga obeng, dan besi berbentuk letter L. Ia berhasil mengambil uang senilai Rp1.605.000 yang dimasukkan dalam tas selempang.

Namun aksinya diketahui warga yang berhasil menangkapnya. MSA masih beruntung belum sempat dihajar warga karena kebetulan Kapolsek melewati lokasi kejadian saat tengah berpatroli dan langsung membekuknya.

2. Masjid Plupuh pada 2023

Aksi ini dilakukan di Masjid Ar-Rohman di RT 009, Dukuh Krapyak, Desa Gentanbanaran, Kecamatan Plupuh, Sragen pada Kamis (7/9/2023). Pencuri menjalankan aksinya seorang diri menggunakan motor bebeknya, sayangnya wajah dan plat nomor tidak terekam jelas oleh kamera CCTV.

Alih-alih menyembunyikan kotak curiannya tersebut, pelaku malah membuangnya di area persawahan dan membawa kabur uang infak Rp1 juta. Kotak tersebut ditemukan oleh warga sekitar 1 km dari tempat kejadian perkara (TKP).

3. Masjid Karangmalang pada 2022

Fatkhur Rohman Yuliantoro, 21, nekat mencoba mengambil kotak amal di Masjid Jamiatul Ikhwan di Kampung Ngablak RT 010, Kelurahan Kroyo, Kecamatan Karangmalang, Sragen pada Selasa (11/2/2022).

Saat ketahuan oleh warga, ia sempat dikepung namun berhasil kabur. Warga pun berteriak sambil mengejar pelaku, akhirnya berhasil menangkap Fatkhur dan membawanya ke Polsek Karangmalang.

4. Masjid Masaran pada 2021

Pelaku Muhammad Syhabudin, 28, melancarkan aksinya di Masjid Al-Mu’minun Dukuh Kedungringin, Krebet, Masaran pada Sabtu (6/3/2021). Ia membawa kabur uang senilai Rp250.000. Dari hasil interogasi , fakta baru diketahui bahwa Syhabudin sudah 15 kali membobol kotak amal dengan lokasi yang berbeda-beda.

5. Masjid Agung Sragen pada 2019

Melalui video viral CCTV Masjid Agung Sragen, terlihat seorang pencuri mengambil tas incarannya saat sholat dzuhur berlangsung pada Kamis (23/8/2019). Aksinya menuai kecaman warganet.

Mulanya ia berdiri di belakang barisan jamaah pria dekat tembok. Saat jemaah sujud, ia langsung mengambil tas yang sudah diintai dan langsung berjalan keluar masjid.

6. Masjid Sambungmacan pada 2017

Dua pemuda melakukan pencurian kotak amal di Masjid Nurul Iman, Dusun Patoman, RT 010, Desa/Kecamatan Sambungmacan, Sragen pada Minggu (2/4/2017). Paijo, 22, berstatus residivis diamuk warga, sementara temannya, Sri, 30, berhasil melarikan diri.

Tak sebanding dengan amukan yang diterima, mereka membawa kabur uang senilai Rp3.900 dengan bantuan linggis untuk mencongkel kotak amal. Paijo ditangkap oleh polisi saat itu juga, namun Sri masih diselidiki karena berhasil melarikan diri.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya