SOLOPOS.COM - Ketua KPU Sukoharjo, Nuril Huda di Kantor KPU Sukoharjo, Kamis (11/5/2023). (Solopos.com/Magdalena Naviriana Putri)

Solopos.com, SUKOHARJO — Enam partai politik di Sukoharjo belum menyampaikan konfirmasi waktu pendaftaran bakal calon anggota legislatif (bacaleg) mereka ke KPU. Sejauh ini baru dua parpol yang sudah mendaftar dan dua lainnya sudah menyampaikan konfirmasi mendaftar hari ini, Jumat (12/5/2023).

Dua partai yang sudah mendaftar adalah PDIP dan Nasdem. Keduanya mendaftarkan masing-masing 45 bacaleg mereka pada Kamis (11/5/2023). Sementara dua parpol lain yang akan mendaftar hari ini adalah PKS dan PAN.

Promosi Pegadaian Resmikan Masjid Al Hikmah Pekanbaru Wujud Kepedulian Tempat Ibadah

Ada lima parpol lain yang akan mendaftar ke KPU pada Sabtu (13/5/2023) besok setelah adanya beberapa perubahan jadwal. Mereka adalah PSI, PKB, Partai Gerindra, Partai Golkar, dan Partai Perindo. Sementara yang akan mendaftar di hari terakhir atau Minggu (14/5/2023) adalah PKN, Partai Buruh, dan Partai Demokrat.

“Sudah hari ke-12 tetapi baru dua parpol yang mendaftarkan, hari ini ada dua parpol pendaftar. Cukup dinamis perubahan jam pendaftaran teman-teman,” jelas Ketua KPU Sukoharjo, Nuril Huda, Jumat.

Ia menegaskan tidak ada perpanjangan masa pendaftaran Bacaleg. Ia juga mengimbau bagi parpol yang belum melakukan konfirmasi waktu pendaftaran segera berkoordinasi dengan KPU dan memanfaatkan help desk agar tidak menumpuk di hari terakhir.

Enam parpol yang belum menyampaikan jadwal pendaftaran mereka adalah PBB, Partai Garuda, Partai Gelora, Partai Hanura, PPP, dan Partai Ummat.

“Secara umum kami kira tidak ada kesulitan dalam pengurusan persyaratan administrasi. Karena KPU juga sudah berkoordinasi dengan RSUD Sukoharjo, Pengadilan Negeri Sukoharjo, dan Polres Sukoharjo. Kami juga membuka helpdesk untuk melayani konsultasi guna memperlancar pengajuan bacaleg,” ujar Nuril.

Sementara itu, dihubungi terpisah Ketua Executive Committee (Exco) Partai Buruh Sukoharjo, Eko Supriyanto, pihaknya akan melakukan pendaftaran pada Minggu. “Rencananya Minggu pukul 15.00 WIB, serentak seluruh Indonesia,” jelas Eko.

Eko mengaku rekap berkas pendaftaran bacaleg belum selesai. Ia sendiri menargetkan pada Pemilu 2024 mendatang partainya dapat meloloskan sejumlah satu fraksi atau minimal lima kursi.

Berdasarkan informasi kepengurusan Partai Buruh Sukoharjo dan kepengurusan Partai Buruh secara nasional sudah ada di 34 provinsi, 477 kabupaten/kota.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya