SOLOPOS.COM - Pasar Klewer Solo. (Solopos/Nicolous Irawan)

Solopos.com, SOLO — Wisatawan yang mengunjungi Pasar Klewer Solo mayoritas tujuannya untuk berbelanja kain dan pakaian. Tetapi sebenarnya ada beberapa hal lain yang bisa dilakukan pengunjung selain berbelanja.

Pasar Klewer yang terletak di Jl Dr Radjiman No 5A, Gajahan, Kecamatan Pasar Kliwon, Solo, sebelumnya pernah mengalami kebakaran hebat pada 2014. Setelah tiga tahun proses pembangunan, Pasar Klewer telah beroperasi kembali yang ditandai dengan peresmian oleh Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) pada 21 April 2017.

Promosi Beli Emas Bonus Mobil, Pegadaian Serahkan Reward Mobil Brio untuk Nasabah Loyal

Baca Juga: Jalan-Jalan ke Pasar Klewer Solo, Jangan Lupa Jajan Kuliner Enak Ini

Saat itu Pasar Klewer berubah menjadi pasar modern yang dilengkapi dengan eskalator dan lift. Selain itu kondisinya juga bersih. Berikut tiga hal yang bisa dilakukan pengunjung selain berbelanja di pasar tekstil terbesar di Jateng ini:

1. Kulineran di Lantai III

Setelah lelah berbelanja dan mengelilingi kios-kios pakaian di Pasar Klewer, Solo, wisatawan bisa langsung naik ke lantai III untuk mencicipi beragam kuliner di foodcourt.

food court pasar klewer solo
Situasi Foodcourt Pasar Klewer, Solo, Selasa (22/3/2022). (Solopos/Siti Nur Azizah)

Wisatawan akan dimanjakan dengan berbagai pilihan kuliner mulai dari selat Solo, tengkleng, dawet telasih, bakso, nasi sayur, soto dan minuman seperti es degan, es teh, es jeruk.

Salah satu pengunjung asal Bojonegoro, Ani Hastuti, mengatakan baru mengetahui di Pasar Klewer tersedia foodcourt. “Saya jarang ke Solo, baru kali ini tahu kalau ada foodcourt di lantai III [Pasar Klewer], pilihan makannya juga banyak,” ungkapnya kepada Solopos.com, Selasa (22/3/2022)

Baca Juga: 6.000 Dosis Vaksin Booster di Pasar Klewer, Ini Sasaran Prioritasnya

2. Masjid Agung Keraton Solo

Masjid Agung Keraton merupakan salah satu masjid bersejarah di Kota Solo. Tepat berada di depan Pasar Klewer Solo, wisatawan bisa langsung menyeberang jalan maka sudah sampai ke masjid ini.

masjid agung keraton solo ramadan
Masjid Agung Keraton Solo tampak depan, Selasa (22/3/2022). (Solopos/Siti Nur Azizah)

Masjid Agung memiliki daya tarik dari sisi arsitekturnya yang bergaya bangunan bergaya tajug beratap tumpang tiga dan berpuncak mustaka (mahkota). Bagian interior masjid yang luas dan adem sangat membuat nyaman setelah berpanas-panasan berkeliling Pasar Klewer Solo.

Menurut catatan Solopos.com, Masjid Agung Solo saat ini membutuhkan perbaikan karena ada beberapa bagian yang rusak. Pemkot Solo telah menyusun masterplan revitalisasi bangunan masjid tersebut.

Baca Juga: Ramadan, Masjid Agung Solo Sediakan 200 Porsi Hidangan Buka Setiap Hari

Ketua Takmir Masjid Agung Solo, Muhtarom, mengatakan penataan kawasan juga menyasar akses menuju Masjid Agung, selain infrastruktur pendukungnya, seperti toilet dan tempat wudu.

3. Mengunjungi Keraton Solo

Berkunjung ke Pasar Klewer tidak akan lengkap rasanya jika tidak mampir ke Keraton Solo. Jika dari Pasar Klewer, pengunjung bisa naik becak yang berjejer di depan pintu masuk Pasar Klewer menuju Keraton Solo.

Pengunjung bisa menikmati keindahan bangunan Keraton Solo yang sudah berusia ratusan tahun. Jika berkunjung pada hari Minggu atau hari libur, biasanya ada yang menyewakan jasa skuter untuk berkeliling kawasan Keraton.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya