SOLOPOS.COM - Ilustrasi tempat indekos. (Solopos/Dok)

Solopos.com, SOLO — Murahnya biaya hidup di Kota Solo tidak hanya dari faktor biaya makan sehari-hari, tapi juga dari tarif sewa kamar indekos per bulannya.

Seperti diungkapkan Intan, seorang pekerja swasta yang tinggal di rumah indekos sekitar Kampus Unisri Solo. “Tarif kamar kos sebulan Rp500.000. Kamar mandi luar,” ujarnya saat diwawancarai Solopos.com, Selasa (16/11/2021).

Promosi Selamat! Direktur Utama Pegadaian Raih Penghargaan Best 50 CEO 2024

Perempuan lajang berkerudung itu sengaja memilih tempat indekos di kawasan kampus Unisri lantaran ingin bersama adiknya yang baru masuk kuliah. “Kebetulan adik saya ini masuk kuliah di Unisri. Jadi ya sekalian saya kos di situ,” urainya.

Baca Juga: Murahnya Biaya Hidup di Solo, Rp10.000 Sudah Bisa Makan Kenyang

Intan menjelaskan di tempat indekosnya tersedia delapan kamar. Tapi hanya tiga kamar yang saat ini terisi. Penuturan senada disampaikan Muhammad S, seorang pekerja swasta asal Purwodadi yang tinggal di Solo setahun ini.

Menurut pemuda lajang tersebut, tarif kamar indekos yang ia sewa di Solo dengan ukuran standar hanya Rp350.000 per bulan. Ia memilih kos di tempat itu lantaran mengikuti saran temannya. “Pas mau pindah ke Solo saya dapat saran kos dari teman,” tuturnya.

Daya Tarik Warga Luar

Terpisah, Dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo, BRM Bambang Irawan, mengakui jumlah indekos dengan tarif terjangkau cukup banyak di Solo. Indekos seperti itu biasanya berada di sekitar kampus.

Baca Juga: Ternyata Ini Lho Penyebab Biaya Hidup Murah di Kota Solo

Ketika menurutnya tarif indekos di dekat kampus wilayah Jogja saat ini sudah mencapai Rp1 juta per bulan, namun di Solo tak demikian. “Di Jogja dekat kampus tarif kos banyak yang Rp1 juta per bulan. Di Solo banyak yang masih Rp400.000 an,” paparnya.

Bambang mengakui murahnya biaya hidup di Solo, mulai dari biaya makan hingga tarif sewa kamar indekos menjadi salah satu daya tarik bagi warga luar. Terutama dari para calon mahasiswa atau pelajar, hingga pekerja, untuk datang.

“Kalau Solo memang salah satu kelebihannya untuk biaya hidup relatif mudah. Ini tentu menarik para calon mahasiswa untuk datang. Bagi kelompok masyarakat yang tidak tergolong borjuis hidup di Solo itu terjangkau,” urainya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya