SOLOPOS.COM - Bupati Sragen Kusdinar Untung Yuni Sukowati berjoget bersama para anggota pramuka siaga di halaman SMPN 1 Jenar, Sragen, Rabu (2/3/2022). (Solopos.com/Tri Rahayu)

Solopos.com, SRAGEN — Di tengah pandemi Covid-19 dan situasi Sragen yang masuk level 3 tak membatasi para siswa SD mengikuti Pesta Siaga Pramuka 2022 yang dihelat di SMPN 1 Jenar, Sragen, Rabu (2/3/2022). Ratusan anggota pramuka siaga itu berkumpul di halaman sekolah untuk melaksanakan apel pembukaan Pesta Siaga 2022 yang dihadiri Bupati Sragen, Kusdinar Untung Yuni Sukowati.

Para anggota pramuka siaga itu berbaris membentuk lingkaran. Setiap regu barung mewakili kecamatan sehingga ada 20 regu. Di tengah lingkaran itulah rangkaian upacara dilaksanakan.

Promosi Selamat! Direktur Utama Pegadaian Raih Penghargaan Best 50 CEO 2024

Apel pramuka siaga itu berbeda dengan apel lainnya. Pembina apel pun dijemput oleh pemimpin apel. Mereka memanggil pembina apel dengan sebutan bunda karena kebetulan Bupati Sragen Kusdinar Untung Yuni Sukowati yang menjadi pembina.

Baca Juga: Pemkab Sragen Ingin Pasar Barong Sumberlawang Buka Bulan Ini

Semua peserta apel siaga mengenakan masker. Meskipun mereka tak bisa menjaga jarak dan tidak bisa menghindari kerumunan, Pesta Siaga 2022 itu pun tetap berjalan. Dalam rangkaian itu, pembina apel bersama pimpinan daerah dan Ketua Kwartir Cabang Pramuka Sragen, Suwardi, melepas balon udara bersama-sama sebagai simbol dibukanya rangkaian Pesta Siaga 2022.

Seusai apel, para peserta menghadap ke arah tempat para pimpinan daerah dan para pimpinan Kwartir Cabang Sragen duduk. Masing-masing regu menunjukkan gaya jogetnya saat menyanyikan lagu-lagu dolanan yang diiringi dengan musik dangdut.

Saat melihat keceriaan anak-anak berjoget mengikuti irama musik, Bupati Yuni tiba-tiba menarik tangan Dedy Endriyatno (mantan Wakil Bupati Sragen) yang kebetulan duduk di sampingnya dan membawanya ke tengah anak-anak. Yuni dan Dedy yang dulu pasangan Bupati dan Wabup periode 2016-2021 itu berjoget bersama para peserta Pesta Siaga 2022 mengikuti alunan musik.

Baca Juga: Lokasi Kampung “Dokter Bedah” di Sragen Terpencil, Cuma 14 Rumah

Para pejabat lainnya ikut serta berjoget dengan para peserta Pesta Siaga 2022. Ketua DPRD Sragen Suparno yang semula memilih duduk di kursi pun didatangi Yuni yang juga Ketua Majelis Pembimbing Cabang (Mabicab) Pramuka Sragen dan ditarik untuk ikut berjoget bersama.

“Ternyata capai juga ya saat berjoget bersama anak-anak tetapi menyenangkan,” celetuknya sambil berjoget.

“Sekarang Sragen memang level 3 tetapi tidak ada instruksi untuk pembatasan. Diharapkan anak-anak bisa menjaga protokol kesehatan dengan baik karena tidak ada instruksi pembatasan kegiatan. Jaga jarak tidak mungkin, tetapi mereka bisa konsisten untuk tetap memakai masker dan menggunakan hand sanitizer,” ujar Yuni saat ditemui wartawan seusai apel.

Ia mengatakan berkerumun itu tidak bisa dihindari karena kegiatan masyarakat dibolehkan digelar, seperti pengajian, hajatan, dan kegiatan sosial keagamaan. Kendati demikian, Yuni mengingatkan agar masyarakat jangan sampai lupa pakai masker.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya