SOLOPOS.COM - Pengunjung berswafoto di depan tulisan Pasar Klewer Solo setelah berbelanja, Senin (19/6/2023). (Solopos/Joseph Howi Widodo)

Solopos.com, SOLO — Pasar Klewer yang terletak di Kota Solo, Jawa Tengah, terkenal dengan wisata belanja batiknya. Padahal pasar yang pernah mengalami kebakaran besar pada 2014 ini memiliki beberapa sisi menarik lainnya yang bisa dilakukan wisatawan ketika berkunjung ke Solo.

Ketika berkunjung ke pasar yang sudah ada sejak 1942 ini, wisatawan bakal disambut dengan banyaknya pakaian yang digantung hingga kleweran alias menjuntai ke lantai. Banyak pedagang batik, fesyen pria dan wanita, anak, bisa ditemukan di sini. Dulunya, Pasar Klewer dikenal dengan dengan sebutan Pasar Slompretan yang berasal dari kata slompret alias terompet yang menjadi penanda kereta api berangkat di zaman Jepang silam.

Promosi Lebaran Zaman Now, Saatnya Bagi-bagi THR Emas dari Pegadaian

Dahulu kala, pada zaman pendudukan Jepang di Indonesia, kawasan Pasar Klewer merupakan tempat pemberhentian kereta api yang digunakan sebagai tempat berjualan para pedagang pribumi. Pasar Slompretan ini merupakan tempat para pedagang kecil yang menawarkan barang dagangan berupa kain batik.

Sakin tersohornya wisata berbelanja batik di Kota Solo ini, Pasar Klewer menjadi salah satu wisata andalan Jawa Tengah. Namun, selain belanja, pengunjung bisa melakukan aktivitas seru lainnya di sini.

Berikut sederet aktivitas seru di Pasar Klewer Solo selain berbelanja.

4 Hal Seru di Pasar Klewer Solo Selain Belanja

1. Kuliner

Setelah lelah berbelanja dan mengelilingi kios-kios pakaian di Pasar Klewer, Solo, wisatawan bisa langsung naik ke lantai III untuk mencicipi beragam kuliner di foodcourt.

Wisatawan akan dimanjakan dengan berbagai pilihan kuliner mulai dari selat Solo, tengkleng, dawet telasih, bakso, nasi sayur, soto dan minuman seperti es degan, es teh, es jeruk.

2. Wisata Religi

Di seberang Pasar Klewer terdapat Masjid Agung Keraton Solo yang bisa menjadi spot wisata religi. Masjid satu ini merupakan salah satu masjid bersejarah di Kota Bengawan.

Masjid Agung memiliki daya tarik dari sisi arsitekturnya yang bergaya bangunan bergaya tajug beratap tumpang tiga dan berpuncak mustaka (mahkota). Bagian interior masjid yang luas dan adem sangat membuat nyaman setelah berpanas-panasan berkeliling Pasar Klewer Solo.

3. Wisata Keraton Solo

Karena lokasinya sangat dekat dengan Pasar Klewer Solo, tak ada salahnya untuk wisatawan berkunjung ke Keraton Solo. Pengunjung bisa menikmati keindahan bangunan Keraton Solo yang sudah berusia ratusan tahun. Jika berkunjung pada hari Minggu atau hari libur, biasanya ada yang menyewakan jasa skuter untuk berkeliling kawasan Keraton.

4. Spot Foto

Kini Pasar Klewer Solo berubah menjadi lebih cantik dan tertata rapi. Selain berbelanja, pengunjung juga bisa bersantai dan berfoto di public space yang tersedia di Pasar Klewer dengan luas 3.000 meter persegi. Lokasi public space ini berad di timur Pasar Klewer.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya