SOLOPOS.COM - Ilustrasi calhaj di bandara. (Freepik)

Solopos.com, SOLO—Jemaah calhaj asal Kabupaten Batang, Robiyah Sayun Tawan, terpaksa harus turun di Bandara Kualanamu, Beringin, Kabupaten Deli Serdang, Sumatra Utara, Sabtu (25/5/2024). Hal ini lantaran dia tak sadarkan diri.

Kepala Subbagian (Kasubag) Humas Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Solo, Gentur Rachma Indriadi, mengatakan perempuan berusia 77 tahun itu harus diturunkan lantaran ketika dalam perjalanan menuju tanah suci sempat lemas dan tidak sadarkan diri.

Promosi Selamat! Direktur Utama Pegadaian Raih Penghargaan Best 50 CEO 2024

“Diagnosa dari tim kesehatan menentukan calhaj atas nama Robiyah terkena post syncope, cephalgia, hipertensi, dan hiponatremia,” kata dia kepada wartawan, Sabtu (25/5/2024).

Ketika turun di Bandara Kualanamu, calhaj asal Batang itu kemudian diobservasi atau dilakukan pemeriksaan medis di poliklinik setempat sebelum akhirnya dirujuk ke RSUD Drs. H. Amri Tambunan, Deli Serdang, Sumut.

Gentur menjelaskan Robiyah tergabung dalam kelompok terbang (Kloter) 37 dan berasal dari Kabupaten Batang. Kloter 37 datang pada Selasa (21/5/2024), lalu berangkat ke Tanah Suci pada Rabu (22/5/2024).

Dia menjelaskan, secara keseluruhan saat ini jemaah calon haji dari Embarkasi Solo yang sedang sakit yakni empat orang, dengan rincian satu jemaah dirawat di Poliklinik, dua jemaah dirawat di RSUD dr. Moewardi, dan satu jemaah dirawat di RSUD Deli Serdang Sumut.

Sedangkan jemaah haji yang sudah masuk Asrama Haji Donohudan sebanyak 49 kloter dengan total 17.657 jemaah. Lalu calhaj yang sudah diterbangkan menuju tanah suci sebanyak 45 kloter atau 16.197 jemaah.

“Sedangkan jemaah haji yang sudah berada di Tanah Suci sebanyak 43 kloter dengan jumlah 15.475 jemaah,” kata dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya