SOLOPOS.COM - Ilustrasi (gotagotaxi.com)

Ilustrasi (gotagotaxi.com)

SUKOHARJO — Wilayah Sukoharjo selama ini dilayani oleh taksi yang berbasis di Solo. Kini, Sukoharjo resmi memiliki taksi yaitu taksi Wahyu.

Promosi Pegadaian Buka Lowongan Pekerjaan Khusus IT, Cek Kualifikasinya

“Yah ini memang kali pertama Sukoharjo memiliki taksi. Sementara ini baru lima unit yang beroperasi. Tetapi pemilik sudah mengajukan 50 unit taksi nanti akan didatangkan,” ujar Kepala Dinas Perhubungan Informasi dan Komunikasi (Dishubinfokom) Sukoharjo, Bambang Sutrisno.

Menurut dia taksi dengan armada Toyota Avanza warna putih milik warga Sukoharjo itu telah melengkapi persyaratan yang ditentukan, sehingga bisa beroperasi secara legal. Bahkan pihaknya juga mengaku telah berkoordinasi dengan Kota Solo agar taksi itu bisa beroperasi lintas wilayah.

Ditanya apakah taksi-taksi itu nanti bisa menutup biaya operasional, Bambang mengatakan mestinya pengusaha telah berhitung matang melalui studi kelayakan. Namun, katanya, jika melihat perkembangan sejumlah wilayah di Sukoharjo seperti Solo Baru, Kartasura, Gentan dan sebagainya, kemungkinan taksi itu bisa eksis.

Bambang menambahkan koordinasi dengan Kota Solo telah dilakukannya. Hal itu dinilai penting guna mengantisipasi hal-hal yang tak diinginkan di lapangan sehingga ketika taksi Sukoharjo masuk Solo tak menjadi masalah. “Kami berharap taksi Solo dan Sukoharjo bisa berdampingan secara damai. Karena mereka masing-masing mencari nafkah yang wilayahnya kadang bersinggungan,” papar dia.

Kebutuhan taksi di Kabupaten Sukoharjo, ujar dia, memang sangat mendesak dan penting. Sebab di Sukoharjo sebelumnya belum ada taksi sendiri yang dikelola oleh orang Sukoharjo. Dia menjelaskan mendesaknya kebutuhan taksi di Sukoharjo karena minimnya alat transportasi yang ada. Bus dan angkutan umum yang sekarang ini ada oleh sebagian masyarakat dinilai tidak efisien.

“Masyarakat sekarang maunya keluar rumah langsung buka pintu mobil dan tiba di tempat tujuan tanpa harus terlalu lama berhenti,” lanjutnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya