SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

SRAGEN–Badan Kesatuan Bangsa Politik dan Perlindungan Masyarakat (Kesbangpollinmas) Sragen melakukan verifikasi data organisasi masyarakat (ormas), lembaga swadaya masyarakat (LSM) dan yayasan sebanyak 242 organisasi di Bumi Sukowati. Verifikasi data ormas tersebut dilakukan sebagai dasar pemberian dana tali asih yang bersumber dari APBD.

Kepala Kesbangpollinmas Sragen, Suharto, saat dijumpai wartawan, Senin (30/4/2012), mengungkapkan verifikasi data ini dilakukan lantaran ada perintah dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) agar daerah membuat database ormas, LSM dan yayasan. Hasil verifikasi data ormas ini nantinya, dikirimkan ke Kemendagri yang rencana bakal menerima anggaran di 2013.

Promosi Pegadaian Buka Lowongan Pekerjaan Khusus IT, Cek Kualifikasinya

“Sebenarnya ormas, LSM dan yayasan yang tercatat di Kesbangpollinmas Sragen cukup banyak dan jumlahnya mencapai ratusan  organisasi lebih. Jumah ormasnya sekitar 135 organisasi dan LSM sebanyak 108 organisasi
yang terdaftar di Kesbangpollinmas. Keberadaan ormas ini perlu diperjelas, karena beberapa ormas di Sragen ada yang sudah ganti pengurus, ada yang mati suri, ada yang bubar dan ada yang tidak aktif. Mayoritas ormas tidak pernah melaporkanperkembangan organisasi mereka ke Kesbangpollinmas, sehingga kami membutuhkan data yang jelas,” ujarnya.

Menurut Suharto, mestinya pengurus ormas, LSM dan yayasan itu aktif menyampaikan perkembangan organisasi setiap tahun, sehingga Kesbangpollinmas bisa memantau. Selama ini, terang dia, banyak LSM atau ormas yang belum terdaftar di Kesbangpollinmas. Bahkan LSM/ormas itu, menurut dia, aktif mengritisi kebijakan pemerintah.

“Setelah data jelas dan terverifikasi, maka bantuan hibah yang biasanya diberikan senilai Rp1 juta/ormas itu bisa tepat sasaran,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya