SOLOPOS.COM - Talut Kali Jenes di wilayah Kelurahan Pajang, Laweyan, Solo, longsor dan membahayakan beberapa rumah di dekatnya, Jumat (4/2/2022). (Istimewa/Tagana Solo)

Solopos.com, SOLO — Bencana longsor kembali terjadi di wilayah Kelurahan Pajang, Laweyan, Solo, Jumat (4/2/2022) sore. Kali ini giliran menimpa talut di Kali Jenes wilayah RT 005/RW 012 Kelurahan Pajang.

Informasi tersebut disampaikan Wakil Koordinator Tagana Solo, Eko Prasetya, melalui pesan Whatsapp yang sampai ke Solopos.com, Jumat sekitar pukul 19.00 WIB. Pesan tersebut disertai video berdurasi sembilan detik yang menggambarkan kondisi talut seusai longsor.

Promosi Pegadaian Buka Lowongan Pekerjaan Khusus IT, Cek Kualifikasinya

Baca Juga: Peta Banjir Solo Bergeser, Giliran Laweyan dan Serengan yang Langganan

Dalam video itu tampak volume tebing kali yang longsor cukup panjang. Talut yang longsor itu sangat dekat dengan bangunan rumah warga. Setidaknya ada tiga rumah warga yang terancam.

Terlihat sebagian fondasi salah satu rumah warga di pinggir Kali Jenes, Panjang, Solo, itu sudah ikut longsor. Di sampingnya ada rumah tembok setinggi dua lantai yang juga sangat dekat bibir sungai dekat talut yang longsor.

Baca Juga: Rumah di Pajang Solo Ambrol ke Sungai, 4 Keluarga Diungsikan

Termasuk satu lagi rumah di sampingnya sangat dekat area longsor. Bila terjadi hujan deras dan debit air sungai naik, berpotensi terjadi longsor susulan. Keluarga yang tinggal di tiga tumah itu mesti diungsikan sementara untuk menghindari bahaya.

Data sementara yang diperoleh Solopos.com, ada empat rumah yang dihuni lima keluarga yang terdampak longsor talut Kali Jenes di Pajang, Solo. Ada kerusakan pada bagian dapur dan kamar.

Baca Juga: Detik-Detik Rumah Warga Pajang Laweyan Solo Ambrol ke Sungai

“Kami sedang melakukan assesment di lokasi. Sementara penghuni mengungsi ke rumah tetangga. Rumah sudah tidak berani di tempati karena kondisi tembok bangunan sudah miring ,” ungkap Eka.

Sebelumnya, dinding salah satu rumah warga di pinggir sungai wilayah RT 002/RW 002 Kelurahan Pajang, Laweyan, Solo, ambrol pada Minggu (23/1/2022) siang. Akibatnya empat keluarga harus mengungsi karena rumah mereka sangat dekat dengan bibir sungai.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya