SOLOPOS.COM - Kondisi Kali Gajah Putih Sumber Solo, Minggu (2/10/2016). (Burhan A/JIBI/Solopos)

Hujan deras menyebabkan talut Kali Kedung Kakas Kerjo Karanganyar ambrol.

Solopos.com, KARANGANYAR — Talut Sungai Kedung Kakas, di Dusun Majan, Kwadungan, Kerjo, Karanganyar, sepanjang 15 meter dan tinggi 4,25 meter, longsor akibat besarnya volume air sungai, Minggu (2/10/2016) sore.

Promosi Lebaran Zaman Now, Saatnya Bagi-bagi THR Emas dari Pegadaian

Volume longsor berpotensi bertambah bila hujan deras kembali mengguyur, dan debit air sungai meninggi. Informasi tersebut disampaikan Kepala Desa (Kades) Kwadungan, Supriyanto, saat dihubungi Solopos.com melalui telepon seluler (ponsel), sekitar jam 19.00 WIB.

“Saya bersama Pak Kapolsek dan Pak Danramil ini sedang cek lokasi. Tidak ada rumah warga yang terdampak longsor. Hanya saja, volume longsor bisa bertambah bila hujan deras terus saja mengguyur, dan debit air sungai kembali meluap,” dia menerangkan.

Supriyanto menjelaskan terdapat dua rumah warga sekitar delapan meter dari titik longsor. Dua rumah tersebut dihuni oleh keluarga Hartoyo (lima jiwa) dan keluarga Suparmi (dua jiwa). “Insya Allah aman. Untuk penanganan darurat kita lakukan besok [Senin],” tutur dia.

Supriyanto menjelaskan perlu penanganan permanen guna mencegah terjadinya kembali longsor. Opsinya membuat gorong-gorong dari saluran air di sisi timur menuju langsung ke sungai. “Kita bedah, kita buat jalur dari saluran langsung ke sungai,” kata dia.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya