SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

SOLO — Pemerintah Kelurahan Jebres berencana membangun Taman Cerdas megah senilai Rp5 miliar. Taman tersebut akan dibangun di lahan seluas 5.000 meter persegi di dekat Solo Techno Park (STP) Jl Ki Hajar Dewantara. Penjelasan tersebut disampaikan Plt Lurah Jebres, Agung Riyadi, saat ditemui Solopos.com, Sabtu (8/6/2013).

Menurut dia saat ini detail engineering design (DED) tengah disusun oleh konsultan perencana asal Kabupaten Sragen. Diperkirakan penyusunan DED rampung bulan Juli hingga Agustus. “Taman ini mirip dengan Taman Pintar di Jogja, tapi dalam sekup kecil,” katanya.

Promosi Selamat! Direktur Utama Pegadaian Raih Penghargaan Best 50 CEO 2024

Agung menerangkan, nantinya Taman Cerdas Jebres berbasis teknologi tinggi, tidak seperti Taman Cerdas sederhana yang sudah ada di Solo. Keberadaan STP akan dioptimalkan fungsinya untuk mendongkrak fasilitas dan sarana-prasarana (sarpras) Taman Cerdas Jebres.

“Bisa dibilang taman ini akan menjadi yang pertama di Solo,” imbuhnya.

Menurut Agung, Taman Cerdas Jebres akan dilengkapi dengan gedung film seperti Keong Emas, permaianan teknologi seperti alat yang bisa membuat rambut berdiri bila dipegang. Setiap permainan berbasis teknologi yang ada harus memiliki unsur edukasi atau ilmu pengetahuan. Nantinya Taman Cerdas Jebres tidak hanya menyasar anak-anak tapi juga orangtua.

Sebisa mungkin keberadaan Taman Cerdas Jebres memberikan manfaat bagi masyarakat sekitar. Termasuk terhadap pengembangkan iklim pariwisata di Kota Bengawan. Setiap wisatawan yang datang ke Solo bisa menikmati eksotisme Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat, Taman Satwa Taru Jurug (TSTJ), maupun mampir di Taman Cerdas Jebres.

“Konsepnya nanti bisa segi tiga Keraton-Jurug dan STP-Taman Cerdas,” ujarnya.

Agung menjelaskan, dari 5.000 lahan yang disiapkan, luas bangunan direncanakan 3.000-an meter. Taman Cerdas Jebres akan terdiri empat gedung utama yakni Gedung Pengetahuan, Gedung Budaya, Gedung Arena Bermain dan Perpustakaan. Pembangunan seluruh bagian taman akan dilakukan secara bertahap menganut sistem anggaran multi years.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya