SOLOPOS.COM - Gambar Teknik Taman Mojosongo Solo. (Istimewa)

Ruang terbuka Solo, taman Mojosongo juga mengakomodasi permainan anak.

Solopos.com, SOLO — Taman Mojosongo yang dibangun di utara Jl. Jaya Wijaya Mojosongo Jebres Kota Solo bakal dilengkapi fasilitas taman bermain anak. Fasilitas tersebut berada di empat tempat di dalam taman.

Promosi Strategi Telkom Jaga Jaringan Demi Layanan Telekomunikasi Prima

Pelaksana proyek dari PT Ayodhya Putra Darma, Tanto, mengatakan pihaknya sudah menyelesaikan instalasi peresapan air hujan dan ground tank. Para pekerja sudah mulai mengerjakan bangunan atas.

“Kami mulai memasang paving block, tempat duduk dan kanstin [pembatas paving dengan tanah] khususnya untuk bagian plaza yang berada di sisi timur taman,” ujar dia di lokasi proyek, Rabu (31/5/2017) siang.

Pada kesempatan yang sama, beberapa pekerja lainnya membuat sumur dalam. Air dari sumur tersebut rencananya akan digunakan untuk menyirami tanaman-tanaman yang ditanam di area taman.

“Kami memadatkan bagian tanah yang dipasangi paving. Sementara tanah yang digunakan untuk tanaman, tidak kami padatkan,” tuturnya.

Sambil menunjukkan gambar teknik di lokasi proyek, Tanto menjelaskan taman tersebut juga dilengkapi fasilitas taman bermain anak yang berjumlah empat buah. Keempatnya berada di sisi luar bagian jalan untuk jogging berbentuk seperti lingkaran yang berada di tengah.

“Taman bermain anak nantinya memakai alas berbahan pasir. Akan ada beberapa wahana permainan yang bisa dinikmati masyarakat,” kata dia.

Area jogging dibangun mengitari taman dan menghubungkan sisi utara-selatan dan barat-timur dengan model seperti lingkaran tepat di tengah taman. Beberapa kursi beton akan ditempatkan di bagian dalam jalan untuk pedestrian. “Di bagian plasa juga ada tempat duduknya,” terang dia.

Yang tidak kalah menarik, taman itu akan dilengkapi sembilan pohon pula. Menurut Tanto, pohon itu termasuk pohon yang kini makin jarang ditemui.

Ia menggandeng penyedia tanaman untuk mendatangkan pohon yang bakal ditanam di pojok-pojok taman dan lima pohon ditanam di tengah taman. “Kami menanam rumput gajah mini yang dibatasi kanstin untuk membuat taman ini hijau dan segar,” katanya.

Lebih lanjut, pihaknya membuat tempat parkir di sisi luar taman mengitari taman. Taman itu memililiki lebar 65 meter dengan panjang sisi utara 106 meter dan selatan memiliki panjang 112 meter.

“Untuk taman sisi barat, akan kami mulai pengerjaannya setelah Salat Idul Fitri. Hujan yang turun beberapa hari terakhir belum terlalu mengganggu,” katanya.

Lurah Mojosongo, Agus Santoso, mengatakan pekerjaan itu adalah wewenang DLH. Kelurahan Mojosongo hanya menjadi lokasi pekerjaan. Ia berharap taman memberi dampak positif kepada masyarakat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya