SOLOPOS.COM - TAMAN REPTIL--Warga mengunjungi Taman Reptil di Taman Balekambang, Solo. (Foto: Espos/Agoes Rudianto)

TAMAN REPTIL--Warga mengunjungi Taman Reptil di Taman Balekambang, Solo. (Foto: Espos/Agoes Rudianto)

SOLO--Keberadaan taman reptil di Taman Balekambang menjadi salah satu pilihan bagi pengunjung Taman Balekambang untuk berwisata. Namun, guna pengelolaan hewan yang terdapat di taman tersebut, diperlukan donasi dari masyarakat.

Promosi Beli Emas Bonus Mobil, Pegadaian Serahkan Reward Mobil Brio untuk Nasabah Loyal

Pasalnya, selama ini pengelola taman dari pecinta reptil Solo (Peres) hanya mengandalkan donasi untuk persediaan pakan bagi koleksi hewan yang terdapat di taman reptil. Dalam satu bulan, pengelola harus menyiapkan dana senilai Rp9 juta.

“Dua bulan taman ini dibuka kami sering tombok terus. Selama ini memang kami hanya mengandalkan dari donasi pengunjung untuk persediaan pakan,” ungkap salah satu tim pengelola, Riziki Adi Kusuma, kepada Solopos.com, Jumat (6/4/2012).

Dijelaskan Rizki, kesadaran pengunjung memberikan donasi dinilai tinggi. “Selama ini yang memberikan donasi sekitar 90%,” jelasnya.

Rizki menjelaskan pihaknya tidak mematok besaran donasi yang diberikan pengunjung. “Seikhlasnya saja. Kalau mereka tanya ya kami memberikan pandangan berapa yang didonasikan itu saja. Kalau mereka tidak mau ya kami tidak bisa memaksa karena belum ada MoU terkait pengelolaan taman ini,” katanya.

Untuk itu, pihaknya berharap bagi masyarakat yang berkeinginan untuk melihat koleksi yang terdapat di dalam taman reptil sadar untuk memberikan donasi demi kelestarian hewan yang terdapat di dalam taman tersebut.

Terkait kunjungan Komisi IV DPRD Solo beberapa waktu lalu, pihaknya mendapat angin segar dengan niat dari komisi IV yang akan mengusahakan membantu mencarikan donatur penyediaan pakan koleksi. “Kami bisa sedikit lega kemarin ada perhatian dari komisi IV. Semoga saja bisa terealisasikan,” ungkapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya