SOLOPOS.COM - Ilustrasi virus corona atau Covid-19 (Freepik)

Solopos.com, KLATEN – Pasien terkonfirmasi positif Covid-19 di Klaten bertambah satu orang per Sabtu (11/4/2020). Jadi, sementara ada dua pasien positif corona di Klaten.

Pasien Covid-19 kedua di Klaten ini berjenis kelamin laki-laki berusia 55 tahun. Pasien tersebut berdomisili di Klaten Utara yang saat ini dirawat di RSD Bagas Waras Klaten.

Promosi Selamat! Direktur Utama Pegadaian Raih Penghargaan Best 50 CEO 2024

Sebelum dirawat di sana, pasien tersebut sempat menjalani perawatan di salah satu rumah sakit (RS) di Solo. Bupati Klaten sekaligus Ketua Gusgas Covid-19 Klaten, Sri Mulyani, menyampaikan informasi soal pasien tersebut disampaikan oleh juru bicara (Jubir) Gusgas Covid-19 Klaten, Cahyono Widodo.

“Sama Jubir Gusgas ya,” kata Sri Mulyani secara singkat, kepada Solopos.com.

1 PDP Corona Asal Juwiring Klaten Meninggal

Pasien Positif Bertambah

Diwawancarai terpisah, Jubir Gusgas sekaligus Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Klaten, Cahyono Widodo melalui siaran pers memastikan penambahan satu pasien positif Covid-19 di Klaten.

“Saat ini, ada penambahan satu pasien positif Covid-19. Total pasien positif Covid-19 di Klaten ada dua orang,” katanya.

Cahyono Widodo mengatakan petugas kesehatan di Klaten sudah melacak sejumlah orang yang pernah kontak fisik dengan pasien positif corona  asal Klaten Utara. Di antaranya, anggota keluarga, lingkungan kerja, dan lingkungan sekitar.

Pakai Kamera di Dalam Layar, Samsung S21 Bakal Tanpa Tompel & Poni?

Hasil pemeriksaan menyebutkan sejumlah warga yang diperiksa negatif Covid-19. Tetapi, mereka yang sudah diperiksa wajib melakukan karantina mandiri selama 14 hari terhitung sejak kali terakhir kontak dengan pasien positif Covid-19 asal Klaten Utara.

“Hasil rapid test pada kontak erat serumah dan teman kerja itu negatif [kondisi pasien asal Klaten Utara yang dinyatakan positif Covid-19 dinilai stabil dan terus membaik],” katanya.

Riza Shahab Bantah Kabar Ditangkap Polisi Akibat Narkoba

Cahyono Widodo mengatakan jumlah orang dalam pemantauan (ODP) secara kumulatif di Klaten hingga sekarang mencapai 787 orang. Sedangkan jumlah pasien dalam pengawasan (PDP) di Klaten mencapai 25 orang.

“Kami mengimbau agar msyarakat tetap tenang dan jangan panik. Pemkab Klaten telah berupaya menyiapkan segala hal terkait penanganan dan pencegahan Covid-19,” katanya.

Mayat Sejoli Telanjang di Sajadah di Solo Korban Pembunuhan? Ini Kata Polisi

Berdasarkan data dihimpun Solopos.com, pasien pertama yang dinyatakan positif Covid-19 di Klaten, yakni T, 48, warga Kecamatan Klaten Tengah, pada Rabu (1/4/2020). Pasien T berjenis kelamin laki-laki itu memiliki mobilitas tinggi karena sering bepergian Klaten-Surabaya dan Klaten-Jakarta.

Pasien T dirawat di Rumah Sakit Daerah (RSD) Bagas Waras Klaten. Ditemukannya pasien positif corona di Klaten Tengah itu mengakibatkan Gugus Tugas Percepatan Penanganan (Gusgas) Covid-19 Klaten menetapkan Kabupaten Bersinar sebagai daerah yang berstatus kejadian luar biasa (KLB) virus corona.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya