SOLOPOS.COM - Objek wisata The Honduras di Desa Ponggok, Kecamatan Polanharjo, Klaten, Sabtu (8/6/2024). (Solopos/Taufiq Sidik Prakoso)

Solopos.com, KLATENThe Honduras menambah daftar destinasi wisata di Desa Ponggok, Kecamatan Polanharjo, Klaten. Objek wisata itu dikembangkan dan dikelola antara swasta dengan pemerintah desa.

Kepala Desa (Kades) Ponggok, Junaedi Mulyono, mengatakan kolaborasi itu muncul saat masa pandemi Covid-19. Objek wisata di tepi jalan Polanharjo-Delanggu itu melengkapi destinasi wisata yang ada di Ponggok.

Promosi Selamat! Direktur Utama Pegadaian Raih Penghargaan Best 50 CEO 2024

Saat ini, ada lima objek wisata di Ponggok termasuk The Honduras. Destinasi lainnya yakni Umbul Ponggok, Umbul Sigedang-Kapilaler, Umbul Besuki, serta Soko Alas.

“Konsep yang berbeda di The Honduras yakni wisata edukasi dan outbound. Harapannya daya tarik wisata di Ponggok bisa lebih variatif. Tiket masuk [The Honduras] Rp10.000, sama dengan wisata lainnya,”kata Junaedi saat ditemui wartawan di sela Grand Opening The Honduras, Sabtu (8/6/2024).

Junaedi menjelaskan pengembangan The Honduras, Ponggok, Klaten, berkolaborasi dengan PT Yefalin. Lahan destinasi wisata itu milik swasta dengan total luasan sekitar 1 hektare (ha).

Disinggung alasan pemerintah desa berkolaborasi dengan swasta, Junaedi menjelaskan jika mengandalkan APB Desa, pengembangan wisata kurang variatif.

“Kalau kami mengandalkan APB Desa, untuk mengejar persaingan pariwisata, kami kurang bisa variatif untuk kualitas dan tata kelola wisata. Harapan kami dengan destinasi ini bisa menyerap tenaga kerja, meningkatkan PAD, serta memberdayakan UMKM,” jelas Junaedi.

Sementara itu, Pelaksana Humas PT Yafelin, Istu, optimistis The Honduras, Ponggok, Klaten, tak kalah bersaing dengan destinasi wisata yang sudah ada di sekitar Polanharjo dan Tulung. “Kami yakin tidak hanya menghadirkan bangunan, tetapi manajemen yang solid. The Honduras untuk mengarahkan pada wisata edukasi,” kata Istu.

Direktur Operasional The Honduras, Joko Winarno, menambahkan destinasi wisata itu mengusung konsep wisata keluarga dan outbound. Ada aneka paket outbound yang disiapkan dengan tarif bervariasi antara Rp25.000 per orang sampai Rp75.000 orang.

Sementara tiket masuk The Honduras Rp10.000 sudah termasuk berenang sepuasnya. Kemudian tarif wahana seperti keranjang sultan Rp10.000, dan bioskop VR Rp10.000.

Jam buka The Honduras mulai pukul 07.00 WIB hingga 17.00 WIB saat weekdays. Saat akhir pekan atau weekend, jam buka antara pukul 07.00 WIB hingga 19.00 WIB.

Best time berkunjung yakni dari pagi sampai maksimal pukul 11.00 WIB sama dari pukul 15.00 WIB sampai pukul 17.00 WIB. Sunset di Skywalk bagus banget,” kata Joko.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya