SOLOPOS.COM - Pura Mangkunegaran menjadi bangunan cagar budaya pertama yang menggunakan energi listrik bersih PLN melalui REC PLN. (Istimewa)

Solopos.com, SOLO– Para tamu undangan dilarang mengenakan pakaian batik parang lereng pada upacara Tingalan Wiyosan Jumenengan Sampeyan Dalem Ingkang Jumeneng KGPAA Mangkunagoro X yang Pertama, Rabu (1/3/2023).

Larangan itu disampaikan Pengageng Kawedanan Mandrapura Pura Mangkunegaran KPH Tjuk Susilo ditemui wartawan, Selasa (21/2/2023) sore.

Promosi Strategi Telkom Jaga Jaringan Demi Layanan Telekomunikasi Prima

“Pakaian undangan  tidak boleh pakaian parang lereng. Sejak dulu, sejak Mataram Islam, itu hanya dikhususkan bagi raja,” kata dia.

Menurut dia, nantinya para tamu undangan bisa mengenakan pakaian Jawa jangkep atau pakaian sipil lengkap (PSL) dengan warna yang tidak mencolok. “Warna kalem, hitam, abu-abu,” papar dia.

Dia mengatakan belum tahu jenis pakaian yang bakal dikenakan Mangkunagoro X pada upacara Tingalan Wiyosan Jumenengan Sampeyan Dalem Ingkang Jumeneng KGPAA Mangkunagoro X yang pertama.

Sementara itu, Pura Mangkunegaran mengirim 350 undangan, antara lain keluarga serta kerabat Pura Mangkunegaran. Serta Catur Sagatra, yakni Karaton Ngayogyakarta Hadiningrat, Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat, Pura Pakualaman, dan Pura Mangkunegaran.

Pura Mangkunegaran juga mengundang Presiden Jokowi, Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, dan Menteri BUMN Erick Thohir.

Mangkunagoro X menjelaskan Presiden Jokowi diundang setelah hadir pada upacara kenaikan tahta Mangkunagoro X di Pura Mangkunegaran, 12 Maret 2022.

“Tentunya bagaimanapun beliau telah hadir  jumenengan tahun lalu tapi beliau punya kesibukan yang luar biasa dengan IKN [Ibu Kota Nusantara] dan lainnya. Namun kami berharap kehadiran beliau,” kata dia kepada wartawan di Pura Mangkunegaran, Kamis (23/2/2023).

Sementara itu, lanjut dia, Menhan telah berkunjung ke Pura Mangkunegaran belum lama ini. Prabowo bakal merevitalisasi bangunan Kavallerie-Artilerie di Pamedan Pura Mangkunegaran Solo.

Selain itu, menurut Mangkunagoro X, Erick Thohir telah berperan besar dalam upaya revitalisasi Taman Pracima di Pura Mangkunegaran. 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya