SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Sukoharjo (Solopos.com) – Jajaran Polres Sukoharjo dan Dinas Perhubungan, Informatika dan Komunikasi (Dishubinfokom) segera berkoordinasi terkait penertiban bus jurusan Wonogiri – Jakarta yang sering ngetem di Pertigaan Songgorunggi, Nguter.

Hal itu ditegaskan Kasatlantas Polres Sukoharjo, AKP Iwan K, dan Kepala Dishubinfokom, Bambang Sutrisna, Jumat (19/8/2011), secara terpisah. Kasatlantas menegaskan siap menindaklanjuti keluhan warga menyangkut parkirnya bus-bus jarak jauh di pertigaan Songgorunggi yang dinilai mengganggu kenyamanan serta membahayakan keselamatan pengguna jalan yang melintas di lokasi.

Promosi Beli Emas Bonus Mobil, Pegadaian Serahkan Reward Mobil Brio untuk Nasabah Loyal

“Ini masukan bagi kami, nanti akan dikoordinasikan dengan Dishub (Dishubinfokom) Kabupaten Sukoharjo untuk permasalahan tersebut,” tegas Kasatlantas AKP Iwan K mewakili Kapolres Sukoharjo, AKBP Pri Hartono EL. Iwan menyatakan selama ini upaya penindakan sudah dilakukan terhadap bus yang parkir di sembarang tempat, terutama di jalur sempit atau jalur menikung. Hal itu guna menjaga ketertiban lalu lintas dan mencegah kemungkinan dampak buruk di jalan raya, terlebih untuk menghadapi berlangsungnya arus mudik dan arus balik Lebaran 2011.

Ditambahkannya, petugas memang akan menertibkan bus-bus tersebut karena di lokasi tersebut akan didirikan pos pengamanan (Pospam) Lebaran. “Nanti kan ada Pospam Lebaran mulai tanggal 23 (Agustus) di Songgorunggi, sekarang masih dipersiapkan. Tanggal 22 atau sehari sebelumnya petugas tentu sudah bersiap-siap,” ujarnya.

Koordinasi
Terpisah Kepala Dishubinfokom Kabupaten Sukoharjo, Bambang Sutrisna, menyebutkan wewenang penertiban bus yang parkir sembarangan di Pertigaan Songgorunggi bukan otoritasnya. Namun dia mengatakan segera berkoordinasi dengan Satlantas Polres Sukoharjo untuk menindaklanjuti keluhan masyarakat.

“Soal tindakan itu menjadi ranahnya kewenangan instansi terkait, bukan Dishubinfokom. Nanti akan dikoordinasikan dengan Satlantas soal ini. Kami kan selalu koordinasi terkait persiapan Lebaran, bahkan posko pun juga gabung,” paparnya. Ditanya soal kemungkinan pemasangan rambu larangan parkir bagi bus-bus antarkota antarprovinsi di Pertigaan Songgorunggi, Bambang mengatakan hal itu bisa saja diprogramkan. “Sekarang belum, tapi bisa diprogramkan. Perlu dikaji lebih dulu,” pungkasnya.

try

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya