SOLOPOS.COM - Langit-langit ruang salat Masjid Raya Sheikh Zayed Solo, Senin (14/11/2022). Solo bakal memiliki Islamic Center yang dibangun di dekat Masjid Raya Sheikh Zayed. (Solopos.com/Wahyu Prakoso).

Solopos.com, SOLO — Pembangunan Islamic Center masuk dalam 16 Program Prioritas Pembangunan Kota Solo.

Rencananya, Islamic Center dibangun tidak jauh dari lokasi Masjid Raya Sheikh Zayed yang terletak di Gilingan, Kecamatan Banjarsari. 

Promosi Pegadaian Resmikan Masjid Al Hikmah Pekanbaru Wujud Kepedulian Tempat Ibadah

Namun, menurut Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Solo, Hidayat Maskur, sejauh ini belum ada kepastian tanggal pembangunan Islamic Center tersebut. Masih ada beberapa pembahasan yang akan dilakukan sebelum pembangunan dilaksanakan.

“Waktu pelaksanannya masih menunggu dari hasil MoU dengan Uni Emirat Arab (UEA) sebagai payung hukum pengerjannya. Jadi masih belum bisa kami umumkan,” terang Hidayat kepada Solopos.com pada Sabtu (7/1/2023).

Karena masih menunggu MoU dengan UEA tersebut, Hidayat belum bisa mengira-ngira kemungkinan dana yang dibutuhkan untuk membangun Islamic Center tersebut.

“Gambar bangunannya juga masih belum clear, jadi kami belum bisa membuat anggarannya seperti apa,” jelas Hidayat.

Sedangkan terkait kepastian lokasi, Hidayat Masukur menjelaskan lokasi untuk pembangunan Islamic Center tidak berubah.

“Kalau lokasinya tetap tidak berubah ada di lokasi Detasimen Perbekalan Angkutan (Danbekang) IV-44-04/Solo milik Kodam Diponegoro, yang tidak jauh dari Masjid Raya Sheikh Zayed,” tambahnya.

Diberitakan Solopos.com sebelumnya, Presiden Uni Emirat Arab Sheikh Mohammed bin Zayed Al Nahyan atau MBZ tidak hanya memberikan hadiah berupa pembangunan masjid replika Sheikh Zayed Grand Mosque kepada Presiden Jokowi.

Presiden ketiga UEA itu juga memberi hadiah berupa Islamic Center yang akan dibangun di lokasi tak jauh dari Masjid Sheikh Zayed di Gilingan, Banjarsari, Solo.

Pemerintah pusat nantinya bakal membangun terowongan di bawah jalur rel kereta api yang menghubungkan masjid dan Islamic Center.

Nantinya, area masjid dan Islamic Center bakal difungsikan sebagai public space atau ruang terbuka bagi masyarakat. Mereka bisa melakukan beragam aktivitas seperti jogging atau jalan-jalan pada pagi hari.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya