SOLOPOS.COM - Pelepasan kontingen Boyolali menuju Porprov Jateng 2023 di Pendapa Gede Boyolali, Selasa (1/8/2023). (Solopos.com/Ni’matul Faizah)

Solopos.com, BOYOLALI — Sebanyak 220 atlet dikirimkan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Boyolali dalam ajang Pekan Olahraga Provinsi Jawa Tengah (Porprov Jateng) XVI pada 2023 ini. Ratusan atlet tersebut nantinya akan mengikuti 34 cabang olahraga (cabor) di Porprov yang digelar di Pati Raya pada Sabtu-Jumat (5-11/8/2023) mendatang.

Kontingen Porprov Jateng 2023 dari Kota Susu tersebut dilepas oleh Bupati Boyolali, M. Said Hidayat dan jajaran di Pendapa Gede Boyolali pada Selasa (1/8/2023).

Promosi Selamat! Direktur Utama Pegadaian Raih Penghargaan Best 50 CEO 2024

Ketua Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Boyolali, Agung Joko Purwanto, menyampaikan rincian 220 atlet yang bertanding di Porprov Jateng 2023 ada 147 atlet pria dan 73 atlet wanita. Selain itu, sebanyak 87 pelatih akan ikut berangkat mendampingi para atlet.

“Mohon doa restu agar adik-adik atlet bisa meraih sukses di Porprov Jateng di Pati Raya,” ujarnya seperti dalam rilis yang diterima Solopos.com, Selasa malam.

Agung mengungkapkan sebanyak 34 cabor yang diikuti Boyolali adalah cabor unggulan. Ia berharap dari cabor-cabor yang diikuti tersebut, kontingen Boyolali dapat menyumbangkan medali.

Ia juga menjelaskan para atlet telah berlatih untuk bertarung di cabor-cabor yang ada. Beberapa cabor yang diikuti antara lain aeromodelling, futsal, balap motor, karate, panjat tebing, pencak silat, balap sepeda, woodball, gulat, golf, tinju, kempo, kick boxing, paralayang, dan lain sebagainya.

“Sebanyak 34 cabor itu berpeluang sama [cabor unggulan]. Para atlet sudah berjuang dan berlatih,” jelasnya.

Agung mengatakan KONI Boyolali berharap para atlet bisa meraih peringkat 15 besar di ajang Porprov Jateng 2023. Harapan tersebut, lanjut dia, meningkat dari 2018 ketika Boyolali masuk peringkat 17 besar.

“Target kami pada 2023 ini adalah di 15 besar kemudian nanti bisa 10 besar,” jelas dia.

Bupati Said berpesan kepada para atlet agar bertanding dengan semangat dan menjunjung tinggi sportivitas dengan atlet peserta lainnya.

“Tetap jaga semangat persatuan dan kesatuan karena diantara kita semua adalah keluarga dan saudara. Maka berolahragalah, capai prestasi sebaik-baiknya dan berikan yang terbaik untuk Kabupaten Boyolali,” pesan Said.

Atlet tinju Boyolali, Alden Isronatan, mengaku telah mempersiapkan diri untuk bertanding di Porprov Jateng 2023. Ia mengungkapkan berlatih secara intensif dengan harapan dapat membawa medali emas untuk Boyolali.

“Saya akan bawa nama baik Boyolali. Saya berusaha akan bawakan medali emas untuk Boyolali,” kata dia.

Sebagai informasi, Porprov Jateng 2023 ini akan digelar dengan mempertandingkan 57 cabor. Pertandingan akan digelar di Pati Raya yang tersebar di enam kabupaten.

Keenam kabupaten tersebut, yakni Kabupaten Pati yang menjadi tempat bertanding 12 cabor. Selanjutnya, Kabupaten Jepara dan Blora masing-masing 11 cabor, Kabupaten Kudus dengan delapan cabor, Kabupaten Grobogan dengan enam cabor, dan Kabupaten Rembang sebanyak lima cabor.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya