SOLOPOS.COM - Ilustrasi Solo Menari. (Dok)

Solopos.com, SOLO–Tarian Bedhayan Naradipta yang digarap koreografer Rustini akan ditampilkan dalam pembukaan Solo Menari 2023. Sutradara Solo Menari, Boby Ari Setyawan sengaja memilih tarian tersebut sebagai opening karena dinilai menjadi cerminan filosofi Kota Solo.

Gagasan tersebut bermula dari tarian bedhaya yang dianggap menjadi ciri tarian Keraton dan Mangkunegaran, di Kota Solo. Masing-masing tari Bedhaya di keraton maupun Mangkunegara mempunyai ciri keunikan dan pesan-pesan tersendiri.

Promosi Beli Emas Bonus Mobil, Pegadaian Serahkan Reward Mobil Brio untuk Nasabah Loyal

“Dari tari bedhaya itu kemudian berkembang jadi tari bedhayan. Tari ini suatu garapan yang memang mengadaptasi dari tarian bedhaya,” ungkap dia saat dihubungi Solopos.com, Senin (3/4/2023).

Tarian bedhaya tersebut mengalami perkembangan dan menjadi semacam tren di kota-kota besar. Boby menjelaskan banyak kelompok-kelompok tari yang mengadaptasi tari bedhaya menjadi tarian bedhayan saat ini.

Kemudian, tercetuslah ide menggarap tarian Bedhayan massal untuk pembukaan Solo Menari 2023 dalam rangka peringatan hari tari sedunia, pada (29/4/2023). Sementara, kata Naradipta dalam bahasa Sansekerta berarti manusia yang berkilau, raja atau pemimpin.

Tari Bedhayan Naradipta didominasi dengan kostum warna putih. Warna tersebut mencerminkan harapan suci masyarakat untuk menyambut dan menghantarkan seorang pemimpin yang merakyat dan berkilau.

Pengharapan agar Manunggaling Kawula Gusti, yakni rakyat dan pemimpin bersinergi menuju cahaya menerangi dunia.

Dalam pembukaan Solo Menari 2023, masyarakat diajak untuk bergerak dan menari bersama melalui prosesi tarian bedhayan, sesaji, solah bowo, tumpengan dan gunungan.

Saat ditanya, tarian bedhayan mengadaptasi dari tari bedhaya sehingga jenis tariannya lebih mengarah ke perempuan seperti karakteristik tarian bedhaya pada umumnya.

“Karena adaptasi dari tarian bedhaya, kami mengajak para kawula muda terutama perempuan supaya ikut dalam kegiatan ini,” ucap dia.

Solo Menari 2023 membuka kesempatan bagi para perempuan yang ingin ikut mernarikan tarian bedhaya saat pembukaan nanti. Boby menjelaskan sudah ada sekitar 300 peserta yang mendaftarkan diri sampai saat ini.

Rencananya, Tarian Bedhayan Nardipta tersebut ditampilkan pada pembukaan Solo Menari 2023, di Koridor Ngarsopuro mulai pukul 08.00 WIB. Boby juga mengungkapkan acara pembukaan Solo Menari 2023 turut mengundang Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka bersama sang istri.

Tarian Bedhayan Naradipta digarap matang sejak bulan lalu oleh koreografer Rustini, seorang maestero tari yang sebelumnya merupakan dosen Istitut Seni Indonesia (ISI) Solo. Rustini sendiri masih aktif menjadi pengajar tari putri di Mangkunegaran.

Boby menegaskan Tarian Bedhayan tersebut hanya salah satu dari serangkaian acara dari Solo Menari 2023. Masih ada rangkaian acara lainnya untuk satu hari penuh, dalam perayaan hari tari sedunia di Kota Solo nanti.

Acara ini juga dalam rangka menghidupkan ikon-ikon ruang di Kota Solo, seperti Koridor Ngarsopuro, Pasar Gede, Koridor Gatot Subroto, Kampung Batik Kauman, Balai Kota, dan Solo Paragon Mall.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya