SOLOPOS.COM - Penyiar RRI Solo, Taufik M. Widodo. (Solopos.com/Wahyu Prakoso)

Solopos.com, SOLOPenyiar RRI Solo sekaligus pembawa acara atau MC langganan Presiden Jokowi, yakni Taufik M. Widodo, 58 tutup usia, di Rumah Sakit PKU Muhammadiyah Solo, Kamis (2/3/2023) pukul 22.30 WIB.

Berdasarkan surat lelayu yang diterima Solopos.com, jenazah akan dimakamkan di Makamhaji, Sukoharjo, Jumat (3/3/2023) pukul 13.00 WIB. Jenazah diberangkatkan ke permakaman dari rumah duka di Joyodiningratan, RT 004/RW 005, Kelurahan Kratonan, Kecamatan Serengan, Solo.

Promosi Selamat! Direktur Utama Pegadaian Raih Penghargaan Best 50 CEO 2024

Taufik meninggalkan istrinya, Suprihatingsih dan lima anak. Masing-masing Uswatun Ch. Charisma dan suaminya Muh. Tri Nur Kaqim.

Selanjutnya Muh. Nur I.P. Manggala Putra, Uswah Ch. T. Mahardika H, Uswah Ch. Rayhanarba’ H.P., Uswah Ch. Fadhila K.H. Serta tiga orang cucu, yakni Nabila, Zhafran, dan Zea.

Taufik dikenal masyarakat sebagai  penyiar RRI Solo yang telah mengabdi selama 38 tahun. Dia merupakan penyiar senior yang mengudara setiap malam hingga dini hari.

Dia  bertugas mulai pukul 20.00 WIB, kadang sampai pagi untuk program wayangan. Program RRI waktu malam kebanyakan merupakan budaya. 

Taufik menemani pendengar dengan bahasa Jawa dan bahasa Indonesia. Taufik telah memasuki masa pensiun. 

Bakat Taufik sudah diasah menjadi agrigator sejak usia SMA. Agitator yang dijalani menawarkan film bioskop dengan pengeras suara pada mobil serta promosi toko.

Taufik kemudian menempuh pendidikan Program Studi Sastra Jawa Universitas Sebelas Maret (UNS) angkatan 1984. Sebelum lulus, warga Joyodiningratan itu sudah menjadi penyiar RRI dengan status Pegawai Negeri Sipil (PNS).

Taufik, kepada Solopos.com, Kamis (8/12/2022) malam, menjelaskan RRI Solo membutuhkan penyiar waktu itu. Sementara penyiar RRI Solo harus menjadi PNS sebelum bertugas. Setiap tugasnya diawasi pemerintah Orde Baru.

Selain penyiar, Taufik, bekerja untuk Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka, melalui Chilli Pari Catering Services. Dia bekerja menjadi MC untuk pesta pernikahan.

Taufik juga menjadi langganan Presiden Jokowi dengan berperan menjadi MC di semua pernikahan anak Presiden Jokowi, yakni pernikahan Gibran Rakabuming Raka dengan Selvi Ananda.

Selanjutnya, pernikahan Kahiyang Ayu dan Muhammad Bobby Afif Nasution. Berikutnya, menjadi salah satu pembawa acara pernikahan Kaesang Pangarep dengan Erina Sofia Gudono akhir tahun lalu. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya