SOLOPOS.COM - Ilustrasi (Dok/JIBI/SOLOPOS)

Ilustrasi (Dok/JIBI/SOLOPOS)

KARANGANYAR–Wilayah Kecamatan Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar dinyatakan bebas penyebaran penyakit flu burung. Selama ini, belum ditemukan adanya kasus serangan virus H5N1 di lereng Gunung Lawu tersebut.

Promosi Pegadaian Resmikan Masjid Al Hikmah Pekanbaru Wujud Kepedulian Tempat Ibadah

Kepala Dinas Peternakan dan Perikanan (Disnakkan) Karanganyar, Muhammad Hatta, mengatakan seluruh wilayah Karanganyar menjadi endemis serangan flu burung kecuali Tawangmangu.

Wilayah Tawangmangu terletak di dataran tinggi dengan udara yang cukup dingin. Kemungkinan virus H5N1 tidak menyerang unggas yang berada di dataran tinggi.

“Belum ada temuan kasus flu burung di Tawangmangu, mungkin karena berada di dataran tinggi,” ujarnya saat ditemui Solopos.com, Jumat (9/11/2012).

Penelitian UNS

Fakta tersebut diperkuat dengan hasil penelitian Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo terhadap delapan wilayah di Indonesia. Kala itu, wilayah dataran rendah yang dinyatakan bebas flu burung adalah Kabupaten Brebes. Sementara dataran tinggi yang dinyatakan bebas serangan virus H5N1 adalah Kecamatan Tawangmangu.

Kasus flu burung di wilayah Kabupaten Karanganyar sendiri, terparah terjadi pada 2009 lalu yang mengakibatkan ratusan unggas mati mendadak. Sementara kasus flu burung terakhir ditemukan di Kecamatan Tasikmadu pada April lalu. Kala itu, sebuah peternakan ayam jenis rakyat diserang virus jenis H5N1 yang menyebabkan puluhan ayam mati mendadak.

Pihaknya menyiagakan petugas participatory disease surveillance response (PDSR) di setiap kecamatan untuk mengantisipasi serangan flu burung. Petugas tersebut bakal mendatangi lokasi peternakan unggas untuk menyemprotkan disinfektan di setiap kandang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya