SOLOPOS.COM - Kuli panggul di gudang Bulog Gedong, Kecamatan Ngadirojo, Wonogiri, Selasa (14/8/2012), mengangkut karung beras untuk ditata di bak truk. Beras raskin ke-13 mulai disalurkan hingga 16 Agustus mendatang. (JIBI/SOLOPOS/Trianto Hery Suryono)

Kuli panggul di gudang Bulog Gedong, Kecamatan Ngadirojo, Wonogiri, Selasa (14/8/2012), mengangkut karung beras untuk ditata di bak truk. Beras raskin ke-13 mulai disalurkan hingga 16 Agustus mendatang. (JIBI/SOLOPOS/Trianto Hery Suryono)

WONOGIRI–Penerimaan beras untuk masyarakat miskin (raskin) bulan ini (Agustus) dilakukan dua kali, yakni raskin ke-13 dan raskin regular. Distribusi raskin ke-13 di Wonogiri mulai dilakukan, 13 hingga 16 Agustus mendatang sedangkan distribusi raskin regular akan dilakukan seusai Lebaran.

Promosi Beli Emas Bonus Mobil, Pegadaian Serahkan Reward Mobil Brio untuk Nasabah Loyal

Pendistribusian dilakukan menjelang Lebaran dengan harapan mampu menekan harga pasar sehingga tidak melambung. Pernyataan itu disampaikan Kepala Sub Bulog Divre III Surakarta, Edhy Rizwan didampingi Kepala Gudang Bulog Gedong, Kecamatan Ngadirojo, Nugroho saat ditemui Solopos.com, Selasa (14/8/2012).

Berdasar pemantauan Solopos.com, harga beras di pasar mencapai Rp7.500/kg.

“Stok beras se-Soloraya aman. Bahkan hingga April 2013 stok beras masih cukup dan sudah tertampung di masing-masing gudang. Kebutuhan raskin ke-13 se-Soloraya sebanyak 13.770 ton. Karena dua kali maka kebutuhan raskin menjadi 27.540 ton,” ujar Edhy.

Menurutnya, pendistribusian raskin ke-13 sengaja dilakukan menjelang Lebaran agar rumah tangga sasaran (RTS) bisa merayakan hari raya. “Selain itu, pendistribusian menjelang Lebaran juga dimaksudkan sebagai pengendali harga beras agar stabil.”

Lebih lanjut dijelaskannya, jumlah RTS raskin di Wonogiri berjumlah 70.569 RTS sehingga membutuhkan alokasi beras sebanyak 1.058,535 ton. “Pembagian raskin ke-13 dijadwalkan hingga 16 Agustus sedangkan pendistribusian raskin reguler dimulai 27-29 Agustus. Harga tebus tetap Rp1.600 per kilogram, pembayaran juga lancar,” jelasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya