SOLOPOS.COM - Polres Sukoharjo menggelar program Ikan Selayar di Waduk Mulur Sukoharjo, Rabu (8/3/2023). (Istimewa/Polres Sukoharjo)

Solopos.com, SUKOHARJO — Seluruh jajaran polres di Polda Jawa Tengah (Jateng) secara serentak melaksanakan program Ikut Andil dalam Keselamatan Berlayar (Ikan Selayar) pada Rabu (8/3/2023). Polres Sukoharjo turut melaksanakan kegiatan serupa di Waduk Mulur Bendosari.

Kapolres Sukoharjo, AKBP Wahyu Nugroho Setyawan, menjelaskan Ikan Selayar merupakan program yang lahir dari keprihatinan atas banyaknya musibah laka laut atau air di wilayah hukum Polda Jateng. Berdasarkan data Kamtibmas Direktorat Kepolisian Perairan dan Udara (Ditpolairud) Polda Jateng, pada tahun 2022-2023, tercatat 186 kejadian laka air.

Promosi Pegadaian Resmikan Masjid Al Hikmah Pekanbaru Wujud Kepedulian Tempat Ibadah

Dari data tersebut jumlah korban meninggal dunia sebanyak 131 orang. Sementara jumlah korban yang belum ditemukan 30 orang dan korban luka-luka sebanyak 4 Orang. Dari 131 korban yang meninggal dunia, 54 orang di antaranya meninggal karena tenggelam, hanyut dan jatuh di laut atau perairan.

Salah satu kejadian menonjol dan sempat menjadi pemberitaan nasional yakni laka air yang terjadi pada tahun 2021 lalu saat Hari Raya Idul Fitri. “Insiden itu terjadi di kawasan Waduk Kedung Ombo, Kabupaten Boyolali yang mengakibatkan 9 orang meninggal dunia,” jelas Wahyu.

Faktor penyebab dari kejadian laka air tersebut adalah kurangnya kepedulian dan kesadaran masyarakat tentang pentingnya mengutamakan keselamatan di saat beraktivitas di perairan. Wahyu mencontohkan tak sedikit pengelola tempat wisata air yang memperolehkan menaikan penumpang wisatawan melebihi daya tampung perahu wisata. Sementara para penumpang tidak dibekali menggunakan alat keselamatan diri (life jacket) atau pelampung.

“Kami juga menemukan faktor lainnnya [dalam laka air Kedungombo] yakni nakhoda perahu masih di bawah umur serta tidak mempunyai kompetensi di bidangnya. Sehingga hal ini mengakibatkan perahu tenggelam dan 9 orang meninggal dunia,” paparnya.

Demi mencegah laka air, Kapolres mengatakan perlunya langkah-langkah nyata yaitu dengan melaksanakan kegiatan program Ikan Selayar. Pelaksanaan program Ikan Selayar secara serentak dilakukan dengan membagikan life jacket di objek wisata perairan di 35 lokasi. Di Sukoharjo, Polres membagikan life jacket kepada para nelayan dan aktivis pariwisata di objek wisata Waduk Mulur.

“Sampai saat ini Polda Jateng telah membagikan 3.700  life jacket kepada masyarakat perairan. Ini adalah bagian atau upaya kami untuk menekan atau menurunkan angka kecelakaan di wilayah perairan. Serta kami berupaya memberikan pemahaman kepada masyarakat bahwa penggunaan atau pemakaian alat keselamatan disaat beraktivitas di perairan sudah menjadi standar operasional prosedur,” ujar Kapolres.

Dia juga berharap budaya keselamatan aktivitas di wisata perairan menjadi budaya semua pihak. Dalam kegiatan tersebut, Polres Sukoharjo juga memberikan pelayanan pengecekan kesehatan terhadap para nelayan serta membagikan sejumlah sembako.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya