SOLOPOS.COM - Polisi lalu lintas membersihkan kamera sistem tilang elektronik (ETLE) Mobile yang terpasang pada salah satu kendaraan patroli di Mapolda Metro Jaya, Jakarta, Selasa (13/12/2022). Polda Metro Jaya meluncurkan 11 kendaraan patroli khusus yang dilengkapi 'ETLE mobile' untuk bertugas di ruas-ruas jalan raya se-DKI Jakarta dan Tangerang Selatan yang tidak terpasang kamera ETLE statis. ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/aww.

Solopos.com, SOLO —Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polresta Solo mengerahkan mobil yang dilengkapi lampu strobo selama Operasi Patuh Candi 2023 mulai 10 Juli-23 Juli 2023. Mobil berlampu strobo itu disiagakan di sejumlah lokasi rawan pelanggaran lalu lintas.

Hal ini disampaikan Kasatlantas Polresta Solo, Kompol Agung Yudiawan, mewakili Kapolresta Solo, Kombes Pol Iwan Saktiadi, saat ditemui wartawan, Senin (10/7/2023).

Promosi Beli Emas Bonus Mobil, Pegadaian Serahkan Reward Mobil Brio untuk Nasabah Loyal

Menurut Kasatlantas, ada beberapa lokasi rawan pelanggaran lalu lintas di Kota Solo. “Mobil berlampu strobo bakal disiagakan di lokasi rawan pelanggaran lalu lintas. Ini strategi kami untuk menekan angka pelanggaran lalu lintas,” kata dia.

Mobil berlampu strobo bakal dipasangi kamera untuk merekam kondisi lalu lintas di lokasi rawan pelanggaran lalu lintas. Lokasi-lokasi rawan pelanggaran lalu lintas itu tersebar di lima kecamatan di Solo.

Terutama lokasi yang tidak ada kamera tilang elektronik atau electronic traffic law enforcement (ETLE). “Masih banyak lokasi yang tidak terkaver kamera ETLE di Solo. Dari 159 kamera CCTV hanya tujuh kamera yang dilengkapi ETLE,” kata dia.

Selama Operasi Patuh Candi 2023, upaya edukatif bakal diutamakan untuk meningkatkan kesadaran pengguna jalan agar mematuhi aturan lalu lintas. Sehingga berimplikasi pada turunnya angka pelanggaran lalu lintas dan kecelakaan lalu lintas.

Agung tak memungkiri masih banyak masyarakat yang mengesampingkan faktor keselamatan saat berkendara di jalan raya. Misalnya, tidak memakai helm dengan alasan lokasi tujuan cukup dekat atau melewati jalan pedesaan.

Hal ini tak hanya merugikan diri sendiri melainkan pengguna jalan lainnya. “Tertib dan patuh menaati aturan lalu lintas tidak hanya untuk diri sendiri melainkan pengguna jalan lainnya. Hal ini akan ditekankan selama Operasi Patuh Candi 2023 di Solo,” kata dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya