SOLOPOS.COM - Pengunjung memenuhi area kolam renang di Telaga Kusuma Desa Tunggulrejo, Kecamatan Jumantono, Kabupaten Karanganyar pada Minggu (12/3/2023). (Solopos.com/Indah Septiyaning W)

Solopos.com, KARANGANYAR– Menjelang Ramadan, Agrowisata dan Waterpark Telaga Kusuma di Desa Tunggul rejo, Kecamatan Jumantono, Kabupaten Karanganyar mulai bersiap menyambut tradisi padusan.

Diperkirakan ribuan orang akan tumplek blek melakukan ritual padusan tersebut. Para pengunjung bakal memenuhi empat wahana kolam renang di sana.

Promosi Beli Emas Bonus Mobil, Pegadaian Serahkan Reward Mobil Brio untuk Nasabah Loyal

Telaga Kusuma menjadi lokasi alternatif padusan selain objek wisata Grojogan Sewu di Tawangmangu dan Air Terjun Jomog.

Kepala Desa (Kades) Tunggulrejo, Parno Karyo Sumarto mengatakan ritual padusan nanti menjadi momentum kali pertama digelar Agrowisata dan Kolam Renang Telaga Kusuma yang baru diresmikan pada 18 November lalu.

Terdapat empat kolam renang di Telaga Kusuma, baik untuk pengujung anak-anak maupun dewasa. Kolam renang ini diperkirakan bakal dipenuhi ribuan pengunjung yang akan melakukan ritual padusan.

“Kami sudah siap menghadapi padusan nanti. Kita akan tambah tenaga pengawas kolam renang, resto, dan menata area parkir,” kata dia ketika dijumpai Solopos.com di Telaga Kusuma, Minggu (12/3/2023).

Pihak manajemen tidak membatasi pengunjung yang akan melakukan ritual padusan tersebut. Ritual padusan biasanya dilakukan sehari menjelang Ramadan. Momentum ini menjadi pertama kali dialami Telaga Kusuma sehingga manajemen tak mau mengecewakan para pengunjung.

Pengunjung saat berada di Telaga Kusuma juga disuguhi spot selfie yang instagramable. Ditambah dengan panorama Gunung Lawu yang menambah syahdu suasana di Telaga Kusuma.

“Di sini ada spot-spot taman bunga, kafe dan green house. Kita juga sedia meeting room,” Kata dia.

Saat ini, dia mengatakan jumlah pengunjung di Telaga Kusuma pada hari biasa mencapai 1.600 orang. Sementara saat hari libur jumlah pengunjung mencapai 2.500 hingga 3.000 orang per harinya. Namun, diakuinya awal Ramadan nanti mengalami low season. Dimana kunjungan wisatawan akan menurun drastis. Pengunjung akan mulai ramai memasuki pekan kedua Puasa. Selama bulan Puasa ini, dia menyediakan tempat buka bersama (bukber). Manajemen juga akan menjual aneka makanan takjil atau pembuka puasa.

“Di sini juga jadi spot asyik untuk Ngabuburit. Kita siapkan semuanya untuk Ramadan,” katanya.

Untuk tiket masuk ke Telaga Kusuma cukup terjangkau. Di hari biasa pengunjung hanya ditarik tiket masuk Rp10.000 per orang dan hari libur Rp15.000 per orang. Dengan tiket tersebut pengunjung bisa berenang di Telaga Kusuma sepuasnya.

“Saat padusan untuk tiket masuk rencana kita naikkan Rp5.000. Momentum saja,” kata dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya