SOLOPOS.COM - Petugas Damkar Satpol PP dan Damkar Klaten melepas ring klem besi dari jari seorang anak di RSUD Bagas Waras Klaten, Senin (20/5/2024). (Istimewa/Damkar Klaten)

Solopos.com, KLATEN–Seorang anak asal Kecamatan Wedi dilarikan ke RSUD Bagas Waras Klaten gara-gara jari telunjuknya terjebak ring klem besi. Untuk melepas ring tersebut, petugas RSUD Bagas Waras Klaten meminta bantuan ke petugas Damkar Satpol PP dan Damkar Klaten.

Petugas Damkar menerima laporan pelepasan ring klem besi dan langsung mendatangi RSUD Bagas Waras Klaten, Senin (20/5/2024) sore. Setelah 30 menit, petugas Damkar berhasil melepas ring besi yang ada di jari telunjuk bocah perempuan berinisial AFA, 4, itu.

Promosi Pegadaian Buka Lowongan Pekerjaan Khusus IT, Cek Kualifikasinya

“Proses penanganan pukul 15.30 WIB hingga 16.00 WIB. Ring bisa dilepas setelah dipotong menggunakan gerinda mini,” jelas Kabid Damkar Satpol PP dan Damkar Klaten, Sumino, Senin malam.

Dimungkinkan ring klem besi itu bisa masuk ke telunjuk saat digunakan untuk mainan bocah tersebut. Hal itu membuat telunjuk AFA bengkak.

“Ada permintaan bantuan untuk melepas semacam klem di jari telunjuk tangan kanan seorang anak. Dimungkinkan awalnya untuk mainan dan jari dimasukkan ke lubang klem itu kemudian tidak bisa dilepas,” ungkap petugas Damkar Klaten, Irwan Santosa.

Irwan menjelaskan klem berbentuk kotak dengan ukuran sekitar 2 cm x 3 cm dan tebal sekitar 2 mm. Klem dilepas menggunakan gerinda mini.

Kendala proses pelepasan klem yakni kondisi anak yang menangis sehingga harus ditenangkan terlebih dahulu. Klem besi berhasil dipotong petugas dan dilepas dari jari AFA.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya