SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

SOLO — Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP) Kota Solo, berencana membeli dua mesin penyapu jalan (Swiper) pada tahun ini. Hal itu dilakukan menyusul sedikitnya petugas penyapu jalan yang dimiliki oleh DKP Solo.

Kepala bidang (Kabid) Kebersihan, DKP Solo, Gatot Sutanto, mengatakan kebutuhan akan mesin penyapu jalan tersebut sangat mendesak sekali. Sebab kebersihan jalan yang ada di Kota Solo, merupakan prioritas utama. Selain itu padatnya arus lalu lintas di jalanan Kota Solo, membuat jalan tidak memungkinkan untuk disapu secara manual.

Promosi Selamat! Direktur Utama Pegadaian Raih Penghargaan Best 50 CEO 2024

Faktor lain, Menurutnya adalah, kurangnya tenaga penyapu yang dimiliki oleh DKP Solo. Saat ini petugas penyapu jalan pada DKP berjumlah sekita 154 orang. Hal itu jauh dari kata ideal karena untuk membersihkan jalanan di Solo, dibutuhkan sekitar 500 orang.

“Ya kita mencoba membeli peralatan itu, agar nanti kebersihan jalan tetap terjaga. Selain itu waktu pembersihan bisa dipercepat dengan alat itu sehingga saat ada kegiatan di jalan-jalan protokol seperti acara Car Free Day, kirab dan sebagainya bisa langsung dibersihkan usai acara,” katanya saat ditemui di kantornya, Senin (21/1/2013) siang.

Sasaran utama penggunaan alat tersebut adalah jalan-jalan protokol. Akan tetapi menurutnya tidak menutup kemungkinan alat itu akan digunakan di jalan-jalan lain yang disesuaikan dengan kebutuhan.

Menurutnya pengadaan alat tersebut setidaknya akan direalisasikan pada triwulan pertama tahun ini. Sedangkan anggaran untuk membeli alat itu, ia tidak mengetahui secara pasti, karena proses pengadaan dilakukan oleh bidang persampahan.

“Saya tidak tahu anggarannya pasti berapa tetapi sekitar Rp1 miliar, setiap unitnya, nantinya rencana beli dua unit. Kita nanti pilih alat itu yang bisa menyapu sampah dalam kondisi basah dan mampu menyedot debu atau botol-botol plastik,” pungkasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya