SOLOPOS.COM - Dandim 0735/Solo Letkol (inf) Devy Kristiono (dari kiri ke kanan), Kapolresta Solo, Kombes Pol Iwan Saktiadi, dan Wakil Wali Kota Solo Teguh Prakosa meninjau persiapan misa Natal di Gereja Katolik Santo Antonius Purbayan, Solo, Selasa (20/12/2022). (Solopos/Wahyu Prakoso)

Solopos.com, SOLO — Pemerintah menerjunkan 1.018 petugas keamanan gabungan untuk bersiaga melakukan pengamanan misa perayaan Natal di gereja-gereja Kota Solo. Sejumlah gereja disiagakan 16-20 petugas.

Berdasarkan pantauan Solopos.com, Selasa (20/12/2022) Wakil Wali Kota Solo Teguh Prakosa, Kapolresta Solo Kombes Pol Iwan Saktiadi, dan Dandim 0735/Solo Letkol (Inf) Devy Kristiono meninjau persiapan Natal di sejumlah gereja.

Promosi Lebaran Zaman Now, Saatnya Bagi-bagi THR Emas dari Pegadaian

Salah satunya Gereja Katolik Santo Antonius Purbayan. Kapolresta mengatakan petugas gabungan itu terdiri dari TNI/Polri, Satpol PP Solo, dan stakeholder yang berkompeten.

Mereka bakal bertugas pada Operasi Lilin mulai Kamis (22/12/2022). Keamanan serta parkir saat perayaan Natal di Solo menjadi perhatian tim gabungan.

“Pengamanan gereja dilakukan dengan klasifikasi gereja prioritas 1, 2 dan 3 yang ditentukan berdasarkan, antara lain, jumlah jemaat, jumlah misa Natal, dan lokasi gereja apakah di samping jalan raya,” katanya kepada wartawan.

Baca Juga: Jelang Libur Nataru, DPUPR Solo Kerahkan Tim Sapu Lubang Sisir Jalan Rusak

Dia mengatakan ada 243 gereja di Kota Solo, gereja yang masuk prioritas 1 sebanyak 16 gereja, 22 gereja masuk prioritas 2, dan sisanya merupakan gereja dengan prioritas 3.

“Gereja prioritas 1 diamankan petugas gabungan sebanyak 16-20 personel,” ungkapnya. Sementara gereja prioritas tiga bisa dilakukan dengan kegiatan patroli oleh petugas gabungan.

Menurut dia, pengurus Gereja Katolik Santo Antonius Purbayan telah melakukan persiapan dengan baik. Gereja di Kota Solo itu menyiapkan perayaan Natal dengan gembira, tidak ada rasa kekhawatiran, namun tetap meningkatkan kewaspadaan dengan mematuhi arahan TNI/Polri.

Wakil Ketua Paroki Santo Antonius Purbayan, Gerardus Suyatman, menjelaskan ada sejumlah rangkaian misa Natal, yakni misa malam Natal, Sabtu (24/12/2022) pukul 18.00 WIB dan pukul 19.30 WIB.

Baca Juga: Ibadah Natal, Gereja di Solo Gelar Misa untuk Jemaat dengan Kapasitas Penuh

Selanjutnya misa Natal Lansia, Minggu (25/12/2022) pukul 07.00 WIB, misa Natal Anak pukul 09.00 WIB, dan misa Natal senja pukul 18.00 WIB.

Menurut dia, ekaristi Natal terbuka bagi seluruh umat tanpa melalui pendaftaran seperti tahun-tahun sebelumnya, wajib memakai masker, sudah melakukan vaksinasi Covid-19 dosis kedua, datang dengan keadaan sehat, dan tanpa batasan usia. “Biasanya paling banyak umat datang waktu malam Natal. Diprediksi ada sekitar 3.000-3.500 jemaat,” ungkapnya.

Dia menjelaskan pengurus gereja meminjam sejumlah halaman instansi untuk parkir kendaraan milik jemaat, antara lain Balai Kota Solo, SD Pangudi Luhur, SD Marsudirini Solo, dan Denpal B 04 Surakarta.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya