SOLOPOS.COM - Kapolres Sukoharjo yang baru, AKBP Sigit, bersama istri, Desmalia Handayani. (Istimewa)

Solopos.com, SEMARANG — Jabatan Kapolres Sukoharjo kini dipegang oleh AKBP Sigit yang menggantikan AKBP Wahyu Nugroho Setyawan, Rabu (3/5/2023). Seperti apa profilnya?

Pria kelahiran Pasuruan, Jawa Timur (Jatim) ini memulai mengawali karier dari pangkat Ipda. Ia menjabat sebagai sebagai perwira pertama (pama) di Polres Bengkulu pada 20 Januari 2004. Perjalanan kariernya kemudian berlanjut melanjutkan pendidikan di Perguruan Tinggi Ilmu Kepolisian (PTIK) di Polda Kalimantan Tengah hingga ke Polda Jawa Tengah.

Promosi Lebaran Zaman Now, Saatnya Bagi-bagi THR Emas dari Pegadaian

Sebelum mengemban tugas baru sebagai Kapolres Sukoharjo, pada 27 November 2020 Sigit dipercaya menjabat sebagai Kasatlantas Polrestabes Semarang. Saat itu ia sudah berpangkat ajun komisaris besar polisi atau AKBP.

“Lahir di Pasuruan. Semenjak lulus SMA tahun 1995 lanjut pembelajaran Semaba Polri di Lido. Kemudian menjadi alumni Akpol (Akademi Kepolisian) pada 2003. Pernah juga menempuh pendidikan tinggi ilmu kepolisian di 2010. Pada 2015 alhamdulilah berhasil menamatkan pendidikan Magister Hukum di Universitas Lambung Mangkurat [Banjarmasin],” kenang Sigit saat menceritakan karier singkatnya kepada Solopos.com, Rabu.

Selama mengemban tugas sebagai Kasatlantas Polrestabes di Kota Lumpia ini dirinya tak pernah menyia-nyiakan kepercayaan atasan. Terlihat saat persiapan pembangunan pos Lebaran di Simpanglima Semarang misalnya, ia selalu hadir mendampingi anggotanya.

Tak hanya itu, Sigit juga aktif di kegiatan sosial seperti ketika banjir bandang melanda Kota Semarang beberapa waktu lalu. Bersama anggotanya, ia turun langsung ke lapangan untuk mengevakuasi warga korban banjir di kawasan Kaligawe.

“Dukunga dari keluarga bak istri dan anak selalu datang selama saya mengemban tugas atau karier. Selama bertugas saya mempunyai motto seduluran saklawase [selamanya bersaudara],” pungkas suami dari Desmalia Handayani.

Diberitakan sebelumnya, sebanyak 15 perwira menengah Polda Jateng mengalami mutasi dan mendapat promosi ke jabatan baru. Dari 15 perwira menengah itu dua di antaranya menjabat sebagai kepala kepolisian resor atau Kapolres di wilayah Soloraya, yakni Sukoharjo. AKBP Sigit menjadi Kapolres Sukoharjo menggantikan AKBP Wahyu Nugroho Setyawan yang dimutasi menjadi Kapolres Jepara.

Sementara itu, Kasubnit Gakkum Satlantas Polresrabes Semarang, Ipda Novi Candara, mengaku selama ini Sigit selalu mengayomi bawahannya. Ia juga dikenal sebagai sosok yang humanis dan profesional.

“Pak Sigit selalu dikenal sebagai sosok yang baik hati, ramah kepada siapa pun tanpa memandang bulu, dan tentunya semangat yang selalu bergelora di saat menjalankan tugas. Selamat atas jabatan barunya, teruslah berkarier dengan semangat yang tak pernah padam komandan. Semoga selalu menjadi panutan dan teladan buat kami, sukses serta amanah ditempat tugas yang baru bersama keluarga,” tutup Ipda Novi.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya