SOLOPOS.COM - Fasilitas kamar bagi para calon haji di Gedung Mekkah, Senin (22/5/2023). (Solopos.com/Nova Malinda).

Solopos.com, SOLO —Sejumlah persiapan dilakukan oleh pihak Pengelola Asrama Haji Donohudan menyambut kedatangan para jemaah calon haji. Salah satunya menyiapkan kamar tidur bagi para jemaah calon haji.

Kamar bagi jemaah calon haji ini terasa sejuk dan nyaman karena ada sejumlah fasilitas pendukung seperti AC, serta dua kamar mandi dalam dengan model kloset jongkok dan duduk.

Promosi Beli Emas Bonus Mobil, Pegadaian Serahkan Reward Mobil Brio untuk Nasabah Loyal

Adapun kamar yang disediakan bagi Calhaj berada di Gedung Mekkah dan Gedung Madinah. Sementara Gedung Jeddah nantinya digunakan untuk penyambutan.

Solopos.com berkesempatan melihat kamar yang disediakan bagi Calhaj di Gedung Mekkah. Di dalam satu ruangan kamar terdapat 10 springbed yang lengkap dengan sprei dan bantal. Springbed ini ditata oleh petugas sedemikian rupa. Terdapat pula dua kamar mandi di dalam satu ruangan ini.

Adapun ruangan ini juga dilengkapi dengan fasilitas AC, sehingga ruangan terasa sejuk. Masing-masing kamar juga dilengkapi lemari dua pintu yang bisa digunakan untuk penyimpanan sementara.

Untuk masuk ke kamar, calon jamaah haji akan melewati ruangan berisi kursi yang ditata rapi untuk digunakan makan secara prasmanan.

Kasi Humas Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Solo, Gentur Rachma Indriadi, menjelaskan kamar di Gedung Mekkah dan sebagian di Gedung Madinah bisa menampung jemaah calon haji empat kloter.

“Setiap kloter dalam satu lantai itu sudah lengkap, nanti satu kamarnya berisi sekitar enam orang,” ujar dia.

Satu kloter terdapat 355 jemaah dan lima petugas. Sehingga total satu kloter berjumlah 360 orang.

“Di kamar sudah disediakan springbed, almari, dan dua kamar mandi, satu kamar mandi dengan kloset duduk, dan satu kamar mandi dengan kloset jongkok,” terang dia.

Adapun terdapat Satgas PPIH Solo yang siap memandu para jamaah calon haji di Embarkasi Solo sebanyak 270 orang. Sejumlah satgas ini bertugas menyambut, membantu dan melayani para Calhaj di Embarkasi Solo.

Sebagau informasi, Embarkasi Solo pada musim haji 2023 ini akan memberangkatkan 95 kloter. Total jamaah dan petugas yang berangkat sebanyak 33.524 calon haji dari dua provinsi, yakni Jawa Tengah sebanyak 30.377 calhaj dan DIY sebanyak 3.147 calhaj.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya