SOLOPOS.COM - Ilustrasi perjalanan kereta api. (Solopos.com-Humas PT KAI Daops IV Semarang)

Solopos.com, SOLO–Kereta Api menjadi moda transportasi darat yang cukup digemari oleh masyarakat. Dibandingkan dengan wilayah lain, jalur kereta api di Pulau Jawa telah mampu mengakomodasi kebutuhan sarana perjalanan warga yang menghubungkan berbagai wilayah dari ujung Jawa Barat hingga Jawa Timur.

Dilihat dari laman ppid.kai.id, Selasa (26/10/2022), rute jalur Kereta Api Indonesia (KAI) terbagi menjadi beberapa daerah operasi (Daop) yang mencakup beberapa wilayah disekitarnya. Adapun berikut ini pembagian Daop KAI yang dilansir Solopos.com dari berbagai sumber :

Promosi Beli Emas Bonus Mobil, Pegadaian Serahkan Reward Mobil Brio untuk Nasabah Loyal

  1. DAOP I

Melansir dari stiki.ac.id, daerah operasi KAI yang pertama berpusat di Jakarta. Sedangkan pembagian wilayahnya dimulai dari Merak, Serang, Rangkasbitung, DKI Jakarta, kemudian Bogor, Bekasi, Sukabumi, dan Karawang.

jika ditotal lintasan jalur rel yang terhubung pada Daop I adalah 608 km. Tak hanya melayani kereta jarak jauh, jalur rel Daop I juga mengakomodasi kereta dengan perjalanan jarak dekat seperti KRL Commuter Line.

Beberapa stasiun besar yang terdapat di lingkup Daop I yakni Stasiun Gambir, Stasiun Pasar Senen, Stasiun Jakarta Kota, Stasiun Jatinegara, Stasiun Tanjong Priok, Stasiun Tanah Abang, Stasiun Manggarai, Stasiun Bekasi, Stasiun Bogor, dan Stasiun Cikampek.

  1. DAOP II

Daerah operasi KAI selanjutnya berpusat di Bandung. Pembagian wilayahnya meliputi sebagian kabupaten dan kota di Jawa Barat seperti wilayah Bandung Raya, Purwakarta, Garut, Sukabumi bagian timur, Cianjur, Tasikmalaya, Ciamis, serta Banjar.

Diketahui Daop II Bandung mempunyai tiga stasiun besar yakni Stasiun Bandung, Stasiun Kiaracondong, dan Stasiun Tasikmalaya.

  1. DAOP III

Masih di Jawa Barat, Daop 3 berpusat di Cirebon. Adapun wilayah yang tergabung pada Daop 3 di antaranya Cirebon, Indramayu, Subang, dan sebagian Kabupaten Brebes, Jawa Tengah.

Tiga stasiun besar yang ada di daerah operasi ini diantaranta Stasiun Cirebon, Stasiun Jatibarang, dan Stasiun Prujakan.

  1. DAOP IV

Daerah Operasi IV Kereta Api Indonesia berpusat di Semarang, Jawa Tengah. Beberapa wilayah yang tergabung di DAOP IV adalah Semarang, Kendal, Demak, Grobogan,  Blora, Batang, Pekalongan, Pemalang, Boyolali, serta Tegal.

Terdapat enam stasiun besar yang ada di lingkup Daop IV Semarang, di antaranya Stasiun Semarang Tawang, Stasiun Semarang Poncol, Stasiun Pekalongan, Stasiun Tegal, Stasiun Bojonegoro, dan Stasiun Cepu.

  1. DAOP V

Wilayah Jawa Tengah bagian selatan tergabung dalam Daop V berpusat di Purwokerto. Beberapa kabupaten yang tergabung di dalamnya adalah Banyumas, Brebes bagian selatan, Cilacap, Kebumen, Purworejo, Tegal, dan sebagian kecil Jawa Barat yakni Banjar.

Beberapa stasiun besar yang ada di bawah Daop V Purwokerto di antaranya Stasiun Purwokerto, Stasiun Kutoarjo, Stasiun Kroya, Stasiun Cilacap, dan Stasiun Karanganyar.

  1. DAOP VI

Kemudian, wilayah Yogyakarta dan Soloraya termasuk ke dalam Daerah Operasi VI. Beberapa wilayah yang mengikuti Daop VI adalah Daerah Istimewa Yogyakarta meliputi Kulon Progo, Bantul, dan Sleman.

Untuk bagian Jawa Tengah meliputi Purworejo, Klaten, Surakarta, Boyolali, Sukoharjo, Wonogiri, Karanganyar, dan Sragen.

Daop VI Yogyakarta mempunya beberapa stasiun besar yakni Stasiun Tugu, Stasiun Lempuyangan, Stasiun Klaten, Stasiun Solo Balapan, Stasiun Purwosari, dan Stasiun Solo Jebres.

  1. DAOP VII

Selanjutnya terdapat Madiun Raya  dan sebagian Jawa Timur yang tergolong ke Daerah Operasi VII. Adapun beberapa wilayah yang termasuk ke Daop VII adalah Madiun, Ngawi, Magetan, Nganjuk, Kediri, Jombang, Tulungagung, Blitar, dan Kediri.

Untuk diketahui, Madiun yang berada di bawah Daop VII merupakan wilayah industri yang memproduksi kereta api, PT INKA. Hebatnya lagi, keberadaan PT INKA menjadi satu-satunya produsen kereta di wilayah Asia Tenggara.

  1. DAOP VIII

Daerah Operasi VIII yang berpusat di Surabaya terdiri atas wilayah Surabaya dan sekitarnya serta Malang Raya. Di antaranya Gresik, Mojokerto, Lamongan, Sidoarjo, Surabaya, Mojokerto, Blitar, Bojonegoro, Kepanjen, Malang, dan Pasuruan.

Beberapa stasiun besar yang ada di bawah wilayah Daop VIII Surabaya diantaranya adalah Stasiun Surabaya Gubeng, Stasiun Surabaya Pasarturi, Stasiun Surabaya Kota, Stasiun Blitar, Stasiun Malang, dan Stasiun Lamongan.

  1. DAOP IX

Daop  IX menjadi daerah operasi terakhir yang dimiliki KAI di Pulau Jawa. Daerah oeprasi yang terpusat di Kota Jember tersebut meliputi Pasuruan bagian timur, Probolinggo, Lumajang, Banyuwangi, Probolinggo dan Pasuruan.

Terdapat 3 stasiun besar yang berada di bawah Daop IX di antaranya Stasiun Jember, Stasiun Probolinggo, dan Stasiun Banyuwangi Baru.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya