SOLOPOS.COM - Sejumlah anak-anak dan orang dewasa bermain air di Umbul Pelem, Tulung, Klaten saat tradisi padusa, Rabu (22/3/2023). (Solopos/Taufiq Sidik Prakoso)

Solopos.com, KLATEN – Umbul Pelem di Desa Wunut, Kecamatan Tulung, Kabupaten Klaten menjadi objek wisata air dengan jumlah pengunjung terbanyak selama libur Lebaran kali ini, sehingga perputaran uangnya mencapai ratusan juta rupiah per hari.

Umbul Pelem dikelola Badan Usaha Milik Desa (BUM Desa) Sumber Kamulyan. Puncak kunjungan wisatawan ke objek wisata air itu terjadi pada Senin (24/4/2023).

Promosi Beli Emas Bonus Mobil, Pegadaian Serahkan Reward Mobil Brio untuk Nasabah Loyal

“Puncaknya pada Senin kemarin pengunjungnya 6.850 orang. Kemudian Selasa mencapai 6.200 orang, Rabu 4.530 orang, Kamis sekitar 3.300 orang. Hari ini masih banyak pengunjung. Sebelumnya, kami perkirakan jumlah maksimal pengunjung selama libur Lebaran di angka 5.000 pengunjung per hari. Alhamdulillah di libur Lebaran ini bisa lebih,” kata Kepala Desa Wunut, Iwan Sulistya Setiawan, saat berbincang dengan Solopos.com, Jumat (28/4/2023).

Rata-rata pengunjung merupakan para pemudik terutama mereka yang pulang kampung di wilayah Soloraya.

Diperkirakan, jumlah pengunjung masih ramai pada akhir pekan ini apalagi bersamaan dengan libur Hari Buruh pada Senin (1/5/2023).

Terkait perputaran uang selama libur Lebaran, Iwan menjelaskan mencapai ratusan juta rupiah per hari terutama pada Senin-Selasa (24-25/4/2023).

Omzet yang diperoleh BUM Desa Sumber Kamulyan mencapai Rp100 juta per hari dari tiket, persewaan alat , dan lain-lain.

“Belum dari para pedagang. Untuk pedagang yang skala kecil itu ada 10 pedagang dengan omzet masing-masing bisa mencapai Rp3 juta per hari. Untuk yang skala besar itu ada lima pedagang omzet bisa mencapai Rp10 juta per hari,” jelas dia.

Iwan bersyukur pada libur Lebaran kali ini aktivitas pariwisata pulih lagi setelah tiga tahun terdampak pandemi Covid-19.

Pasalnya, pada Lebaran tiga tahun terakhir, objek wisata sempat ditutup hingga ada pembatasan jumlah pengunjung.

Iwan menjelaskan ada beberapa wahana di Umbul Pelem. Selain kolam renang dewasa serta anak-anak, objek wisata tersebut dilengkapi dengan waterpark, wahana flying fox, serta yang terbaru wahana kano.

“Untuk menjaga kualitas, ikhtiar kami setiap sore dibersihkan sehingga esok harinya kolam sudah dalam kondisi bersih,” ungkap dia.

Berdasarkan data yang dihimpun dari Dinas Kebudayaan Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata (Disbudporapar) Klaten, puncak kunjungan wisatawan selama libur Lebaran terjadi pada Senin (24/4/2023).

Dari 40-an objek wisata terdiri dari wisata air, alam, kuliner, religi, dan cagar budaya di Klaten jumlah total pengunjung mencapai 59.526 orang.

Pada Selasa (25/4/2023), jumlah total pengunjung mencapai 58.032 orang. Pada Rabu (26/4/2023), jumlah total pengunjung mencapai 44.240 orang.

Puluhan objek wisata yang ada di Klaten itu tercatat dibanjiri pengunjung selama libur Lebaran. Selain Umbul Pelem, objek wisata air lainnya di Klaten seperti Umbul Brondong, Umbul Brintik, Umbul Manten, Umbul Ponggok, Objek Mata Air Cokro, Janti Park, dan destinasi wisata air lainnya.

Selain itu, objek wisata alam kebanjiran pengujung seperti kawasan Girpasang, Desa Tegalmulyo, Kecamatan Kemalang, Bukit Sidoguro, Bukit Cinta, Kalitalang, dan objek wisata alam lainnya.

“Dari seluruh wisata yang paling banyak memang di Candi Prambanan hanya pengelolaan dari TWC. Untuk pariwisata di tingkat Kabupaten Klaten tertinggi itu di Umbul Pelem. Puncaknya pada Senin itu sampai lebih 6.800 orang,” kata Kepala Disbudporapar Klaten, Sri Nugroho.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya