SOLOPOS.COM - Ilustrasi ujian perdes (Dok/JIBI/Solopos)

Solopos.com, SRAGEN — Desa Pilangsari mencatat rekor pendaftar seleksi perangkat desa (perdes) terbanyak di Kecamatan Ngrampal, Sragen. Mayoritas pendaftar adalah kalangan muda.

Sekretaris Desa Pilangsari, Anjar Sulistyo, menjelaskan ada 97 orang yang mendaftar menjadi perdes. Namun, tiga orang tidak lolos administrasi dan satu orang lainnya mengundurkan diri. Mayoritas pendaftar berusia 20 tahun sampai 30 tahun dengan pendidikan SMA/sederajat, diploma, sarjana, hingga pascasarjana.

Promosi Pegadaian Resmikan Masjid Al Hikmah Pekanbaru Wujud Kepedulian Tempat Ibadah

Menurut dia, jumlah pendaftar sebanyak itu merupakan rekor jumlah peserta terbanyak dalam seleksi perangkat Desa Pilangsari. Pada seleksi yang sama di 2018 lalu, dari empat lowongan yang tersedia, jumlah pendaftarnya mencapai 46 orang.

Baca Juga: 3 Jam, SMAN 2 Sragen Kumpulkan Belasan Juta Rupiah untuk Korban Semeru

Sementara tahun ini, lowongan perangkat desa Pilangsari juga ada empat yakni Kebayan III, Kasi Pemerintahan, Kaur Keuangan, serta Kaur Tata Usaha dan Umum.

“Mungkin ada faktor pandemi, ada perusahaan gulung tikar. Ada juga kalangan pendidik yang tidak diterima seleksi pengangkatan guru sebelumnya. Namun yang jelas Pilangsari ini aksesnya dekat jalan raya ke mana pun mudah,” kata Anjar saat ditemui di kantornya, Kamis (9/12/2021).

Dia mengatakan seleksi perangkat desa yang tidak serentak juga menjadi penyebab banyaknya peserta yang ikut mendaftar. Setiap peserta bisa daftar ke lowongan perangkat di sejumlah desa.

Baca Juga: Pohon Tumbang Terjadi di 12 Lokasi di Sragen, Bikin Syok Warga

“Dulu juga ada dari luar desa namun dulu serentak satu kabupaten. Sekarang kan enggak serentak, bisa ikutan ke desa lain,” jelas Anjar.

Camat Ngrampal, Joko Hendang Murdono, membenarkan bahwa jumlah peserta seleksi perangkat desa terbanyak di wilayahnya adalah di Desa Pilangsari. Tahapan seleksi sampai pada konsultasi tertulis Kepala Desa kepada Camat untuk mendapatkan rekomendasi.

Sementara itu, dalam seleksi perangkat desa di Tangkil, Kecamatan Sragen, ada 32 peserta yang mengikuti tes tertulis untuk memperebutkan 1 lowongan Kasi Kesejahteraan Rakyat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya