SOLOPOS.COM - Tukar menukar cenderamata saat Visitasi Pelatihan Kepemimpinan Nasional Tingkat II (PKN II) Angkatan IX BPSDM Sumatra Utara di ruang pertemuan Dinas Perdagangan Kota Solo, Selasa (23/5/2023). (Istimewa)

Solopos.com, SOLO — Pemerintah Kota Solo menerima kunjugan rombongan Tim Visitasi Pelatihan Kepemimpinan Nasional Tingkat II (PKN II) Angkatan IX BPSDM Sumatra Utara di ruang pertemuan Dinas Perdagangan Kota Solo, Selasa (23/5/2023).

Rombongan dari Badan Kepegawaian Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Sumatra utara dipimpin oleh Herawati selaku Widya Iswara Utama didampingi Khairulsyah selaku Widya Iswara Pendamping dan Penjamin Mutu Lembaga Administrasi Negara, Arfa.

Promosi Selamat! Direktur Utama Pegadaian Raih Penghargaan Best 50 CEO 2024

Dalam kunjungan tersebut, Wali Kota Solo yang diwakili oleh Kepala Badan Kepegawaian Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Pemkot Solo Dwi Aryatno didampingi oleh Kepala Dinas Perdagangan Kota Solo Heru Sunardi sebagai lokus kegiatan kunjungan visitasi.

Dalam Laporan pelaksanaan, Herawati menyampaikan ucapan terima kasih telah diterima dengan baik dan hangat oleh Pemkot Solo. Dia menyampaikan kunjungan tersebut adalah bagian dari rangkaian Visitasi  PKN II  dan juga bagian dari pembelajaran mengidentifikasi masalah yang ada, terutama pada sektor perdagangan.

“Selain itu, banyak keberhasilan yang harus dipelajari dari Kota Surakarta terutama cara mengidentifikasi masalah untuk mencapai tujuan,” ujarnya.

Kepala BKPSDM Dwi Aryatno dalam sambutannya menyampaikan ucapan terima kasih kepada BPSDM Sumatra Utara yang telah memilih Kota Solo sebagai lokus visitasi kepemimpinan nasional.

“Kami ucapkan terima kasih atas penunjukan Kota Surakarta sebagai lokus visitasi kepemimpinan nasional PKN II angkatan IX. Semua organisasi perangkat daerah Kota Surakarta siap mendukung kegiatan ini. Silakan menikmati Kota Surakarta yang terkenal dengan identitas budayanya,” ujarnya.

Dia juga menyampaikan perubahan mindset seluruh ASN adalah sebuah keharusan karena hakekatnya aparatur sipil negara adalah pelayanan. Menurutnya, arah kebijakan yang disusun pada saat ini bukan lagi berorientasi terhadap output tetapi harus sampai outcome.

“Saat ini pelayanan tidak hanya berorientasi pada output tetapi juga sampai kepada outcome, agar dapat lebih bermanfaat bagi seluruh masyarakat,” jelasnya.

Visitasi Pelatihan Kepemimpinan Nasional Tingkat II (PKN II) Angkatan IX BPSDM Sumatra Utara di ruang pertemuan Dinas Perdagangan Kota Solo, Selasa (23/5/2023). (Istimewa)
Visitasi Pelatihan Kepemimpinan Nasional Tingkat II (PKN II) Angkatan IX BPSDM Sumatra Utara di ruang pertemuan Dinas Perdagangan Kota Solo, Selasa (23/5/2023). (Istimewa)

Sementara itu, dalam pertemuan tersebut, Kepala Dinas Perdagangan Heru Sunardi memaparkan kondisi eksisting perdagangan Solo dan keberhasilan Kota Solo dalam mengelola pasar.

“Ada beberapa kunci sukses yang dilakukan oleh Pemkot Solo dalam sektor perdagangan yaitu digitalisasi, perubahan mindset pedagang, dan penguatan identitas pasar yang bukan hanya sebgai pasar tetapi juga sebagai lokasi pariwisata,” ujarnya.

Pada kesempatan itu juga dilakukan sesi tanya jawab antara peserta visitasi kepemimpinan nasional dan Dinas Perdagangan Kota Solo tentang berbagi strategi dan lesson learn yang bisa diadopsi dan diaplikasikan di daerahnya masing-masing.

“Pertemuan kita hari ini diharapkan peserta bisa saling bertukar pengalaman, apa yang menjadi hal positif dan bisa dikembangkan di daerah kita masing-masing. Silakan diadopsi, mana yang dirasa kurang layak, silakan dijadikan pengalaman dan tambahan literasi,” ujar Heru.

Selanjutnya acara ditutup dengan foto bersama dan bertukar cinderamata dari kedua belah pihak.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya