SOLOPOS.COM - Sejumlah pengunjung dan pedagang kaki lima (PKL) memadati kawasan citywalk di Sriwedari, Solo saat CFD berlangsung, Minggu (22/5/2022). (Solopos/Nicolous Irawan)

Solopos.com, SOLO — Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Solo segera memanggil juru parkir atau jukir yang terindikasi ngepruk tarif parkir saat CFD di Jl Slamet Riyadi Solo, Minggu (22/5/2022). Mereka akan diberi sosialisasi agar menerapkan tarif parkir sesuai aturan.

Bukan hanya itu, Dishub juga akan menggelar operasi gabungan untuk menindaklanjuti keluhan masyarakat terkait tarif parkir saat CFD. Kepala Dishub Kota Solo, Hari Prihatno, mengungkapkan hal tersebut saat dihubungi Solopos.com, Minggu (22/5/2022).

Promosi Beli Emas Bonus Mobil, Pegadaian Serahkan Reward Mobil Brio untuk Nasabah Loyal

Hari menyebut akan mengambil langkah terkait informasi adanya jukir yang memberlakukan tarif lebih tinggi dari ketentuan saat CFD. “Besok kami akan panggil juru parkirnya dan kami beri sosialisasi. Minggu depan sudah masuk dalam agenda Opgab [operasi gabungan],” ujarnya.

Senada dengan Hari, Kepala Bidang Angkutan dan Perparkiran Dishub Kota Solo, Yulianto Nugroho, saat dihubungi Solopos.com, Minggu (22/5/2022), mengatakan tarif parkir saat CFD seharusnya tetap mengacu Perda. Tidak boleh ditetapkan secara sembarangan.

“Untuk tarif parkir tetap mengacu Perda yang berlaku dengan zona yang sudah ditetapkan, baik roda dua ataupun roda empat. Jadi tidak bisa ada perubahan seenaknya,” ujarnya.

Baca Juga: Warga Ngeluh Bayar Parkir Motor di CFD Solo Mahal, Ada Jukir Nakal?

Pengunjung Keberatan

Lebih lanjut, Dishub akan memberikan pembinaan kepada petugas parkir guna mengantisipasi kejadian yang sama saat event tertentu. “Dari kejadian ini ke depan akan diberikan pembinaan kepada para petugas parkir khususnya pada saat event CFD untuk mematuhi ketentuan yang berlaku,” ujarnya.

Sebelumnya, sejumlah warga mengeluhkan tarif parkir saat CFD yang lebih tinggi dari ketentuan Perda, Minggu (22/5/2022). Mereka yang datang saat CFD harus membayar Rp3.000 untuk parkir sepeda motor mereka.

Padahal pada karcis parkir yang diberikan petugas tertulis Rp2.000 untuk sekali parkir. Desty, salah satu warga yang datang saat CFD, mengeluhkan hal tersebut.

Baca Juga: Tarif Parkir CFD Solo Mahal, Ini Respons Dishub

Ia memarkir motornya di daerah Sriwedari. Menurutnya ini cukup membingungkan, karena tarif parkir yang tidak sesuai antara yang tertulis dengan yang ditagih petugas.

“Iya, saya tadi bayar ongkos parkirnya Rp3.000. Sebenarnya juga tidak apa-apa, cuman karena karcisnya tertulis Rp2.000 ya saya jadi bingung mengenai tarif parkirnya berapa sebenarnya,” ujarnya.

Hal serupa juga terjadi kepada Nofik, yang memarkir kendaraannya di Jl Bhayangkara. Ia juga ditagih ongkos parkir senilai Rp3.000. “Saya tadi bayar Rp3.000 tapi dikasih karcis Rp2.000. Jadi bingung sebenarnya untuk bayar parkir saat CFD ini harusnya berapa. Kami juga sedikit keberatan kalau tarifnya segitu,” terangnya.



Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng

Komitmen Investasi di Solo, Nvidia dan Indosat Targetkan 1 Juta Orang Kuasai AI

Komitmen Investasi di Solo, Nvidia dan Indosat Targetkan 1 Juta Orang Kuasai AI
author
Ahmad Mufid Aryono Minggu, 28 April 2024 - 13:21 WIB
share
SOLOPOS.COM - Gedung Shopee Creative and Innovation Hub di Solo Technopark menampung berbagai tenant bisnis. Foto diambil Senin (6/2/2023). (Solopos.com/Maymunah Nasution).

Solopos.com, SOLO– Nvidia dan Indosat Ooredoo Hutchison telah bertemu dengan Pemkot Solo untuk tindak lanjut rencana investasi. Mereka memiliki misi membentuk 1 juta orang menguasai kecerdasan buatan atau artificial intelligence (AI).

Sekda Solo Budi Murtono menjelaskan Pemkot Solo sudah menerima kunjungan perwakilan dari Nvidia dan Indosat Ooredoo Hutchison di Solo baru-baru ini. Nvidia dan Indosat Ooredoo Hutchison ingin membangun pusat pengembangan AI di Indonesia, salah satunya di Kota Solo.

Promosi Beli Emas Bonus Mobil, Pegadaian Serahkan Reward Mobil Brio untuk Nasabah Loyal

“Target mereka dalam sekian tahun membentuk 1 juta orang yang menguasai AI. Dari 1 juta itu minimal 300.000 orang punya sertifikasi internasional,” jelas BM, sapaan akrabnya kepada wartawan, Kamis (25/4/2024).

Dia menjelaskan Pemkot Solo baru melakukan penjajakan dengan calon investor. Belum ada pembahasan berapa banyak nilai investasi untuk pusat pengembangan AI di Kota Solo. “Istilahnya baru kulo nuwun,” ungkap dia.

Koran Solopos

Menurut dia, Pemkot Solo memiliki lahan terbatas. Apabila Nvidia dan Indosat Ooredoo Hutchison membutuhkan lahan yang tidak luas untuk untuk pusat pengembangan AI, Pemkot Solo menawarkan di Solo Technopark.

Apabila investor membutuhkan lahan lainya di Kota Solo, Pemkot Solo bisa menyampaikan kepada Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo atau Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) Solo untuk kerja sama. “Lokasi di Kota Solo tapi tidak harus Pemkot Solo,” papar dia.

Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kota Solo Andriyani Sasanti mengatakan belum ada informasi berapa nilai investasi dari Nvidia dan Indosat Ooredoo Hutchison di Kota Solo. Rencana investasi Nvidia dan Indosat Ooredoo Hutchison baru tahap awal.

Emagazine Solopos

Menurut dia, target realisasi investasi di Kota Solo 2024 meningkat 100 persen dari target tahun lalu. Realisasi investasi di Kota Solo 2023 sebanyak Rp917.758.926.569 dari target Rp600 miliar.

“Dengan target yang meningkat, kami akan lebih masif lagi supaya realisasi investasi mencapai target,” ungkap dia.

Sebelumnya, Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo), Budi Arie Setiadi, mengatakan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) menyambut baik komitmen perusahaan teknologi multinasional asal Amerika Serikat Nvidia dalam membangun Indonesian Artificial Intelligence Nation.

Interaktif Solopos

Menurut dia, Nvidia bekerja sama dengan PT Indosat Ooredoo Hutchison Tbk berencana akan membangun Pusat AI di Solo Technopark, tahun ini. Konsep pembangunan Pusat AI di Solo bermuara pada infrastruktur telekomunikasi dan sumberdaya manusia atau talenta digital.

“Ada komitmen dari Nvidia dan Indosat untuk berinvestasi senilai USD200 juta atau Rp3 Triliun untuk membangun Indonesia AI Nation,” kata dia melalui laman resmi Kemkominfo, Rabu (03/04/2024).



Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.

Bersih Dusun, Warga Bunder-Jarakan Klaten Mandikan Sapi & Minum Dawetan Bersama

Bersih Dusun, Warga Bunder-Jarakan Klaten Mandikan Sapi & Minum Dawetan Bersama
author
Suharsih Minggu, 28 April 2024 - 13:17 WIB
share
SOLOPOS.COM - Peternak memandikan sapinya dalam tradisi mplegung sapi di di Kedung Tanggul Rejo Guyub Rukun, Dukuh Bunder-Jarakan, Desa Bandungan, Kecamatan Jatinom, Klaten, Minggu (28/4/2024). (Solopos/Taufiq Sidik Prakoso)

Solopos.com, KLATEN — Warga Dukuh Bunder-Jarakan, Desa Bandungan, Kecamatan Jatinom, Klaten, menggelar rangkaian kegiatan bersih dusun merti Kedung Tanggul Rejo Guyub Rukun yang salah satunya diisi kegiatan mplegung sapi dan dawetan, Minggu (28/4/2024) pagi.

Warga yang merupakan peternak membawa sebagian ternak mereka berupa sapi ke kedung setempat. Mereka memandikan sapi di kedung tersebut. Puluhan sapi itu kemudian dijemur dan warga menggelar doa bersama dipimpin oleh tokoh masyarakat setempat.

Promosi Beli Emas Bonus Mobil, Pegadaian Serahkan Reward Mobil Brio untuk Nasabah Loyal

Seusai berdoa, tokoh masyarakat bersama perwakilan dari pemerintah kecamatan memercikkan air suci ke arah sapi. Puncaknya, warga menggelar tradisi dawetan. Tak hanya diminum sendiri, peternak meminumkan dawet ke sapi mereka.

Harapannya agar sapi bisa menghasilkan susu yang banyak dan mengangkat kesejahteraan peternaknya. Rangkaian kegiatan kemudian dilanjutkan pemeriksaan kesehatan hewan oleh petugas Puskeswan Jatinom.

Koran Solopos

Selain mplegung sapi dan dawetan, warga Bunder-Jarakan juga menggelar kirab membawa gunungan hasil bumi dari tengah permukiman menuju Kedung Tanggul Rejo Guyub Rukun. Setelah itu, warga menggelar kenduri dan diakhiri halalbihalal.

Ketua panitia Bersih Dusun Bunder-Jarakan, Bandungan, Jatinom, Klaten, Basir, 49, menjelaskan rangkaian kegiatan digelar sebagai upaya merawat tradisi yang sudah berlangsung turun temurun. “Tradisi ini sekaligus memperkenalkan budaya desa kami dengan harapan bisa menjadi desa wisata,” kata Basir.

Basir menjelaskan warga Bunder-Jarakan mayoritas merupakan peternak sapi. Rata-rata, sapi diternak untuk peranakan. Hampir setiap keluarga di kampung lereng Gunung Merapi itu memiliki ternak sapi.

Emagazine Solopos

Salah satu tokoh adat Bunder-Jarakan, Sunaryo, 65, menjelaskan tidak semua sapi milik peternak bisa dibawa ke rangkaian kegiatan mplegung pagi itu lantaran lokasi kegiatan tak bisa menampung. Rata-rata per keluarga di kampung setempat minimal memiliki dua sapi sebagai tabungan mereka.

Kegiatan budaya itu sekaligus menjadi bentuk syukur dan membahagiakan peternak sekaligus sapi mereka. “Tujuan tradisi ini supaya sapi bersih dan sehat,” kata Sunaryo.

Warga di wilayah Bunder-Jarakan, Bandungan, Jatinom, Klaten, hingga kini masih merawat tradisi budaya mereka seperti bersih dusun. Selain itu juga tradisi momong ketika ada sapi yang melahirkan pedet.

Interaktif Solopos

Warga menggelar syukuran dengan mengundang tetangga sekitar. “Kalau momong itu sampai menyembelih ayam. Minimal biaya untuk syukuran itu Rp1 juta,” kata dia.

Sementara itu, Camat Jatinom, Agus Sunyata, mengapresiasi warga Bunder-Jarakan masih menjaga tradisi budaya.  Dia berharap tradisi itu tetap lestari dan meningkatkan perekonomian warga.



Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.

Tampil di Taiwan, Produk Dekorasi Rumah RI Raih Potensi Transaksi Rp4,73 Miliar

Tampil di Taiwan, Produk Dekorasi Rumah RI Raih Potensi Transaksi Rp4,73 Miliar
author
Anik Sulistyawati Minggu, 28 April 2024 - 13:13 WIB
share
SOLOPOS.COM - Produk-produk dekorasi rumah Indonesia saat berpartisipasi di ajang Designed Giftionery (DG) Taiwan 2024 yang berlangsung pada 18—21 April 2024 di Taipei World Trade Center, Taiwan.(Istimewa/Kementerian Perdagangan)

Solopos.com, TAIPEI – Produk-produk dekorasi rumah Indonesia berhasil mencatatkan potensi transaksi sebesar US$295.740 atau lebih dari Rp4,73 miliar pada partisipasi Designed Giftionery (DG) Taiwan 2024 yang berlangsung pada 18—21 April 2024 di Taipei World Trade Center, Taiwan.

Nilai potensi transaksi tersebut menunjukkan besarnya potensi pasar Taiwan bagi produk dekorasi rumah Indonesia. Partisipasi Paviliun Indonesia pada DG Taiwan 2024 terlaksana atas kolaborasi Direktorat Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional dan Kantor Dagang dan Ekonomi Indonesia (KDEI) Taipei.

Promosi Beli Emas Bonus Mobil, Pegadaian Serahkan Reward Mobil Brio untuk Nasabah Loyal

“Paviliun Indonesia berhasil mencatatkan potensi transaksi sebesar Rp4,73 miliar dan diharapkan akan terus bertambah. Nilai tersebut mencerminkan peluang pasar Taiwan pada produk-produk kreatif Indonesia, khususnya dekorasi rumah,” jelas Direktur Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional Kementerian Perdagangan Didi Sumedi dalam keterangan tertulis Kemendag.

Menempati zona home decor, Paviliun Indonesia menampilkan berbagai produk, seperti dekorasi rumah (home décor), peralatan makan (diningware dan tableware), serta patung dekorasi berbahan natural.

Koran Solopos

Terdapat enam perusahaan yang berpartisipasi pada Paviliun Indonesia, yakni PT Canela Megah Jaya, Smartwood, Tadpole, serta PT Mujur Kurnia Ampuh (peraih predikat Best Design pada ajang penganugerahan Good Design Indonesia); dan pelaku usaha binaan program pendampingan desain pada Indonesia Design Development Center, yakni PT Aquila Java Natura (Aquiva Gallery) dan CV Blotan Asian Art.

Kepala Kantor Dagang dan Ekonomi Indonesia (KDEI) Taipei, Iqbal Shoffan Shofwan yang meresmikan Paviliun Indonesia berharap, partisipasi Indonesia di DG Taiwan mampu meningkatkan ekspor produk bernilai tambah Indonesia ke pasar Taiwan.

Dalam sambutannya, Iqbal menyatakan dukungan KDEI bagi para pelaku usaha Indonesia yang berminat memperluas pasar ekspor ke Taiwan.

Emagazine Solopos

“Taiwan merupakan pasar potensial bagi produk dekorasi rumah Indonesia. Partisipasi pada DG Taiwan merupakan kesempatan bagi para pelaku usaha industri kreatif untuk dapat melakukan penetrasi dan ekspansi pasar ke Taiwan sekaligus dapat juga dimanfaatkan sebagai pintu masuk ke pasar global,” ujar Iqbal.

Indonesia merupakan negara pemasok produk dekorasi rumah terbesar ke-6 ke pasar Taiwan. Pada 2023 nilai ekspor dekorasi rumah Indonesia ke Taiwan mencapai USD 7,72 juta. Selama periode 2019—2023 tren ekspor dekorasi rumah Indonesia ke Taiwan menunjukkan pertumbuhan positif sebesar 20,11 persen. Pertumbuhan yang tinggi ini harus terus dipertahankan, salah satunya melalui partisipasi pada pameran internasional, seperti DG Taiwan 2024.

Direktur Pengembangan Ekspor Jasa dan Produk Kreatif Kementerian Perdagangan, Merry Maryati menekankan pentingnya partisipasi Paviliun Indonesia di DG Taiwan 2024.

Interaktif Solopos

“Pameran tersebut bertujuan mempromosikan dan meningkatkan penjenamaan [branding] produk dekorasi rumah Indonesia yang mencerminkan keindahan sumber daya alam Indonesia, keahlian dan keunikan desain, serta penggunaan material yang berkelanjutan,” urai Merry.

Total perdagangan nonmigas Indonesia dengan Taiwan tahun 2023 mencapai USD 10,26 miliar. Tren perdagangan nonmigas kedua negara mengalami pertumbuhan positif pada periode lima tahun terakhir (2019—2023) sebesar 12,30 persen.

Sementara itu, nilai ekspor nonmigas Indonesia ke Taiwan tahun 2023 tercatat sebesar US$6,41 miliar. Sedangkan, nilai impor nonmigas Indonesia dari Taiwan tahun 2023 adalah US$3,86 miliar. Dengan demikian, Indonesia menikmati surplus nonmigas sebesar US$2,55 miliar.



 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Memuat Berita lainnya ....
Solopos Stories