SOLOPOS.COM - Polisi membersihkan lokasi kecelakaan di Jalan Solo-Jogja, tepatnya di depan Markas Grup 2 Kopassus Kandang Menjangan Kartasura, Sukoharjo pada Senin (8/5/2023) pagi. (Istimewa/Polres Sukoharjo)

Solopos.com, SUKOHARJO — Seorang pengendara sepeda motor meninggal dunia (MD) seusai terlibat kecelakaan di jalan Solo-Jogja, tepatnya di depan Markas Grup 2 Kopassus Kandang Menjangan Kartasura, Sukoharjo pada Senin (8/5/2023) pagi.

Kapolres Sukoharjo, AKBP Sigit, melalui Kasatlantas Polres, AKP Sofia Wuriana, saat dimintai konfirmasi mengatakan korban meninggal di lokasi kejadian.

Promosi Lebaran Zaman Now, Saatnya Bagi-bagi THR Emas dari Pegadaian

“Korban adalah warga Desa Dompol, Kecamatan Kemalang, Klaten yang masih berstatus mahasiswa. Namanya Hindun Kurnia Fatikah, 20. Saat kejadian, korban mengendarai sepeda motor Honda Vario AD 5142 EGC,” terang Kasatlantas.

Ia membeberkan sekitar pukul 08.30 WIB, korban yang mengendarai motornya seorang diri itu berjalan di belakang truk bernopol S 8729 UU yang berjalan dari arah selatan ke utara. Di tempat kejadian perkara (TKP) yang terdapat pita penggaduh dan arus lalu lintas ramai korban berusaha mendahului truk yang dikendarai Ariful, 67, warga Mojokerto, Jawa Timur. Korban mencoba menyalip dari  kanan.

“Sesampainya di lokasi kejadian, cuaca cerah, arus lalu lintas ramai, jalan lurus, terdapat, korban bermaksud mendahului truk tersebut dari sebelah kanan, karena kurang fokus, mengakibatkan korban tidak bisa menguasai laju kendaraannya, hingga oleng dan terjatuh ke kiri, kemudian mengenai ban belakang truk tersebut yang saat itu berada di samping kiri pengendara Honda Vario,” kata Sofia.

Akibat kondisi tersebut, mahasiswa D3 Okupasi Terapi Politeknik Kesehatan Kementerian Kesehatan Surakarta itu meninggal dunia. Korban langsung kemudian dilarikan ke RS Yarsis Pabelan.

Kecelakaan dengan korban jiwa ini merupakan kali kesekian yang terjadi di Sukoharjo. Kasatlantas meminta masyarakat menanamkan rasa tanggung jawab dan empati kepada sesama pengendara saat melintas di jalan. Menurutnya hal itu perlu ditingkatkan demi menekan angka kecelakaan lalu lintas.

Ia juga menyadari banyak faktor yang mengakibatkan kecelakaan terjadi. Selain pengendara, faktor lain seperti kondisi kendaraan dan  jalan bisa juga menjadi penyebab kecelakaan lalu lintas. Ia berharap angka kecelakaan apalagi yang mengakibatkan korban jiwa di Sukoharjo tak lagi bertambah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya