SOLOPOS.COM - Kali Sonto yang tercemar limbah (Espos/Sunaryo Haryo Bayu/dok)

Kali Sonto yang tercemar limbah (Espos/Sunaryo Haryo Bayu/dok)

SOLO--Jajaran Komisi IV DPRD Kota Solo mendesak Dinas Pertanian (Dispertan) segera mencari solusi untuk meminimalisasi tercemarnya Kali Sonto dari limbah buangan UPTD Rumah Potong Hewan (RPH) dan kandang hewan dinas itu. Di sisi lain, kalangan wakil rakyat itu juga berharap peran serta warga sekitar RPH untuk menjaga kondisi lingkungan Kali Sonto agar bersih dari polutan.

Promosi Pegadaian Buka Lowongan Pekerjaan Khusus IT, Cek Kualifikasinya

Ketua Komisi IV DPRD Kota Solo, Teguh Prakosa, mengakui solusi permanen terhadap munculnya persoalan akibat adanya limbah buangan dari UPTD dan kandang hewan Dispertan. Sebab hal itu harus menunggu pengajuan dari Dispertan untuk anggaran pembuatan instalasi pembuangan limbah UPTD RPH, khususnya untuk limbah darah.

“Kami sudah mendorong Dispertan agar mengajukan anggaran untuk pembuatan Ipal [instalasi pembuatan air limbah], khususnya untuk limbah darah melalui APBD Perubahan (APBDP) nanti. Kita tunggu apakah diajukan atau tidak,” ujar Teguh saat dimintai tanggapan seputar keluhan dari warga Jagalan, Jebres, tentang masih tercemarnya Kali Sonto oleh limbah buangan RPH, Selasa (17/7/2012).

Sembari menunggu pengajuan anggaran dan proses pembahasan APBDP 2012 selesai, menurut Teguh, Dispertan disarankan untuk menjelaskan rencana pembuatan instalasi pembuangan limbah tersebut kepada warga sekitar RPH. Selain itu, menurutnya, Dispertan juga perlu mengantisipasi antisipasi agar buangan limbahnya tidak sampai mencemari Kali Sonto. Bila perlu, dinas itu juga bisa melibatkan peran serta warga sekitar RPH.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya