SOLOPOS.COM - ILUSTRASI (JIBI/SOLOPOS/Dok)

Solopos.com, WONOGIRI — Dinas Ketenagakerjaan (Disnaker) Wonogiri memastikan tidak ada pekerja legal asal Wonogiri di Tiongkok/China dan tidak ada tenaga kerja asing (TKA) baru dari negara tersebut di Wonogiri.

Oleh sebab itu, masyarakat Wonogiri diminta tak perlu khawatir terkait penularan penyakit disebabkan virus corona baru (2019-nCov) yang mewabah di China hingga menelan seratus lebih korban jiwa.

Promosi Pegadaian Buka Lowongan Pekerjaan Khusus IT, Cek Kualifikasinya

Kepala Disnaker Wonogiri, Ristanti, saat ditemui di kantornya, kawasan kota Wonogiri, Rabu (29/1/2020), menginformasikan ada warga Tiongkok di Wonogiri namun mereka datang jauh sebelum virus corona mewabah di Tiongkok.

Kendati demikian Disnaker sudah mengirim surat kepada perusahaan agar segera melapor kepada Disnaker dan memberi tembusan kepada Dinas Kesehatan (Dinkes) jika memiliki TKA atau pekerja yang mobilitasnya hingga ke luar negeri.

Dengan mengetahui hal itu, Disnaker dan Dinkes bisa segera melangkah jika ada pekerja yang sakit. Hingga Rabu, Disnaker belum mendapat informasi lebih lanjut dari perusahaan.

“Kalau PMI [pekerja migran Indonesia] yang sekarang ada di Tiongkok tidak ada. PMI asal Wonogiri kebanyakan bekerja di Taiwan, Hong Kong, dan negara lainnya. Taiwan memang ada di daratan Tiongkok, tapi dari Wuhan jauh,” kata Ristanti.

Berdasarkan data Disnaker Wonogiri, PMI asal Wonogiri berada di Hong Kong 31 orang, Malaysia 286 orang, Singapura 1 orang, Taiwan 24 orang, sehingga totalnya 342 orang.

Sementara itu jumlah tenaga kerja asing di Wonogiri dari Filipina 4 orang, Inggris 1 orang, Korea Selatan 9 orang, India 6 orang, Jepang 1 orang, Tiongkok 1 orang, sehingga totalnya 22 orang.

Lebih lanjut Ristanti menyatakan Disnaker tetap meminta Perusahaan Penempatan Pekerja Migran Indonesia (P3MI) selalu memantau kondisi PMI asal Wonogiri.

Apabila mendeteksi ada PMI yang sakit, Disnaker meminta P3MI melakukan langkah-langkah sesuai edaran Ikatan Dokter Indonesia (IDI) sekaligus menginformasikannya kepada Disnaker.

Mengintip Keindahan Wisata Puncak Pugu dan Air Terjun Njero Basu Wonogiri

“Warga Wonogiri yang mau bekerja ke Tiongkok juga tidak ada. Ini karena di Wonogiri sudah ada beberapa perusahaan luar negeri, seperti Nesia Pan Pacifik [Ngadirojo] dari Korea Selatan, Top and Top [India], dan lainnya,” imbuh Ristanti.

Terpisah, Kabid Penempatan Tenaga Kerja dan Transmigrasi, Totok Mursyid Subroto, menambahkan hingga akhir Januari PMI asal Wonogiri tidak ada yang mengalami permasalahan kesehatan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya