SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Boyolali (Espos)–Kondisi cuaca yang hingga kini cenderung tidak menentu, membuat para petani nilam di wilayah Desa Jelok, Kecamatan Cepogo, Kabupaten Boyolali, urung memproduksi minyak atsiri.

Setidaknya, sudah tiga bulan terakhir ini produksi minyak atsiri di wilayah itu terhenti total.  “Pada musim hujan lalu, produksi minyak atsiri terhenti total, sekitar dua hingga tiga bulan lamanya. Dan sampai saat ini kami masih belum bisa memulai lagi membuat minyak atsiri karena meskipun seharusnya saat ini sudah masuk musim kemarau, dalam beberapa waktu terakhir ini masih sering turun hujan,” ungkap Ketua Kelompok Inti Wangi Nusantara, Suyadi.

Promosi Selamat! Direktur Utama Pegadaian Raih Penghargaan Best 50 CEO 2024

Kelompok Inti Wangi Nusantara merupakan kelompok usaha petani penghasil minyak atsiri di Desa Jelok. Suyadi menjelaskan terhentinya produksi minyak atsiri dari bahan nilam tersebut karena saat musim hujan, petani cenderung tidak menanam tanaman nilam.

“Kalau pun ada nilam yang ditanam dan dipanen untuk membuat minyak atsiri, minyak yang dihasilkan dari tanaman nilam tersebut biasanya lebih sedikit. Sehingga untuk mulai produksi lagi, kami menunggu sampai musim kemarau benar-benar tiba,” kata Suyadi.

Lebih lanjut Suyadi mengatakan selain tanaman nilam, bahan baku utama untuk membuat minyak atsiri, banyak sekali jenisnya, antara lain kenanga, akar wangi dan sereh. Dari sejumlah minyak atsiri, lebih dari 50 persen di antaranya dipenuhi oleh minyak nilam.

Di sisi lain, Kepala Desa (Kades) Jelok, Widodo Waluyo mengatakan meskipun telah menjadi potensi di Desa Jelok, hingga kini kalangan petani nilam dan penghasil minyak atsiri di wilayah itu masih kesulitan memperoleh bahan baku.

sry

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya