SOLOPOS.COM - Bakal calon pemimpin Kota Solo 2024 dari Solo Raya Polling. (Solopos.com/Kurniawan)

Solopos.com, SOLO–Tingkat keterpilihan atau elektabilitas Kaesang Pangarep sebagai Calon Wali Kota Solo 2024 hanya 14,1 persen, kalah dari Teguh Prakosa yang mencapai 35,3 persen dan KGPAA Mangkunagoro X di angka 25,3 persen.

Data itu merujuk hasil survei lembaga Solo Raya Polling yang dirilis Selasa (26/3/2024). Tapi elektabilitas Kaesang masih unggul dari nama-nama seperti Sekar Tandjung 7,3 persen, serta RA Yashinta Sekarwangi Mega 6,4 persen.

Promosi Strategi Telkom Jaga Jaringan Demi Layanan Telekomunikasi Prima

Ada juga Astrid Widayani 6,1 persen, Rheo Fernandez 4,1 persen, Budi Prasetyo 3,6 persen, Mashuri 3 persen, Sugeng Riyanto 2,5 persen dan Budi Murtono 0,8 persen. Sedangkan responden yang tidak menjawab ada 15,2 persen.

Direktur Solo Raya Polling, Suwardi, mengatakan survei dilakukan terhadap responden yang masuk di daftar pemilih tetap (DPT) Pemilu 2024. Pihaknya mengambil sampel responden menggunakan metode cuplikan random sampling.

Sampel diambil berbasis DPT TPS sebagai titik lokasi survei. “TLS berbasis TPS dengan kerangka sampling DPT Pemilu 2024. Penyebaran TLS memperhatikan sosio kewilayahan. Ada delapan responden per TLS,” ungkap dia.

Suwardi menjelaskan total ada 640 responden dari 80 TLS di Solo. Margin of error survei di angka lima persen dengan tingkat signifikansi 95 persen dengan kerapatan tinggi. Sedangkan munculnya 12 nama dijaring dari metode delphi.

Dalam penerapan metode itu Suwardi berdiskusi dan meminta pernyataan dari 19 tokoh atau stakeholders di Solo. Mereka berasal dari berbagai latar belakang atau profesi. Dari mulut mereka disebutlah 12 nama calon pemimpin Solo.

Selanjutnya Suwardi melakukan uji publik dengan cara survei pada Maret 2024. Dalam survei yang dilakukan, tim pencacah menggunakan pendekatan wawancara. Wawancara itu dilakukan sesuai dengan kaidah dan petunjuk.

Lebih jauh Suwardi menjelaskan dari 640 responden, terdiri atas 54,2 persen laki-laki dan 45,8 persen perempuan. Rentang usia para responden itu 17 tahun hingga di atas 60 tahun.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya