SOLOPOS.COM - Pengunjung mengakses Pojok Baca Digital di Terminal Tirtonadi, Selasa (16/1/2023). (Solopos.com/Dhima Wahyu Sejati)

Solopos.com, SOLO—Terminal Tipe A Tirtonadi bekerja sama dengan Dinas Perpustakaan dan Arsip (Dispersip) Kota Solo memberikan fasilitas Pojok Baca Digital (Pocadi) di terminal setempat.

Pengawas Satuan Pelayanan (Wassatpel) Terminal Tipe A Tirtonadi, Bandiyono, mengatakan keberadaan Pocadi sebagai upaya peningkatan literasi bagi masyarakat. Pocadi sendiri adalah layanan akses buku digital yang terbuka bagi umum.

Promosi Selamat! Direktur Utama Pegadaian Raih Penghargaan Best 50 CEO 2024

“Terminal Tirtonadi bekerja sama dengan Perpustakaan Nasional, memberikan layanan baru bagi penumpang di Terminal Tirtonadi, yakni tempat untuk membaca yang diberi nama pojok digital. Masyarakat bisa mengakses pojok digital di Terminal Tirtonadi ini, mulai pagi hingga malam,” ujar dia dalam keterangan tertulis yang diterima Solopos.com, Selasa (16/1/2024).

Bandi berharap keberadaan Pocadi ini bisa bermanfaat, terutama ketika ada kunjungan edutrip pelajar ke Terminal Tirtonadi. 

Fasilitas yang ada di Pocadi sendiri terdiri atas empat unit komputer dengan akses ribuan koleksi buku digital milik Perpustakaan Nasional Indonesia. 

“Kedepan, kita akan terus upayakan inovasi-inovasi yang menunjang layanan kepada masyarakat, sehingga Terminal Tirtonadi menjadi ruang publik yang nyaman, aman, edukatif, dan rekreatif, bagi semua masyarakat,” kata dia.

Sementara itu, salah satu pengunjung Pocadi, Teguh Widiatmoko mengatakan dirinya senang dengan adanya fasilitas baru ini. Widi, demikian dia biasa disapa, mengaku bisa menunggu bus sambil membaca koleksi buku digital dari fasilitas Pocadi.

“Ya seneng aja, kita nunggu bus, sambil mainan komputer, dan baca-baca. Koleksi bukunya juga lengkap, mulai dari novel, buku teknik, dan lain-lain. Sekarang kan baru 4 unit, siapa tahu nanti ditambah lagi, sehingga yang mengakses juga semakin banyak,” kata dia.

Dihubungi terpisah, Kepala Bidang Perpustakaan Dispersip Kota Solo, Adityo Setya Warman mengatakan bantuan Pocadi dari Perpusnas sudah adda sejak November 2023 lalu. Selain di Tirtonadi Solo, terdapat dua Pocadi di tempat lain.

“Dua bulan terakhir itu kita dapat bantuan dari Perpusnas untuk pojok baca digital itu, kita tempatkan di Mall Pelayanan Publik dan Dispendukcapil Solo,” kata dia. Per Desember 2023, Pocadi sudah diakses oleh 974 orang,” papar dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya