SOLOPOS.COM - Penumpang bus tengah menunggu keberangkatan di Terminal Giri Adipura Wonogiri, Rabu (14/12/2022). (Solopos.com/Muhammad Diky Praditia)

Solopos.com, WONOGIRITerminal Giri Adipura Wonogiri bersiap menyambut libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2022/2023. Jumlah penumpang bus di eks Terminal Krisak itu diprediksi meningkat saat momentum libur Nataru. 

Koordinator Terminal Tipe A Giri Adipura Wonogiri, Agus Hasto Purwanto, menjelaskan libur Nataru 2022/2023 tidak ada larangan perjalanan seperti Nataru dua tahun silam. Meski begitu, para penumpang tetap diminta memperhatikan kesehatan, keselamatan, dan keamanan serta kenyamanan. 

Promosi Lebaran Zaman Now, Saatnya Bagi-bagi THR Emas dari Pegadaian

Selain itu, Agus menguraikan libur Nataru kali ini akan berbarengan dengan libur sekolah. Seperti diketahui, banyak warga Wonogiri merantau ke luar kota.

Saat libur Nataru berbarengan dengan libur sekolah, tidak menutup kemungkinan orang tua dari anak sekolah itu pulang ke Wonogiri dari perantauan. Bisa juga sebaliknya, anak sekolah itu diajak berlibur ke perantauan orang tuanya.

Sehingga tidak menutup kemungkinan arus perjalanan dengan moda transportasi bus, baik keluar maupun masuk ke Terminal Giri Adipura akan meningkat signifikan.

Baca Juga: Tim Gabungan Sukarelawan Bantu Bersihkan Sisa Longsoran JLK Wonogiri

“Kemarin kami baru saja mengikuti rapat melalui zoom meeting dengan Kementerian Perhubungan. Dalam rapat itu membahas beberapa isu strategis, salah satunya Nataru 2022/2023 itu. Kami akan ada sejumlah perisiapan menyambut itu,” kata Agus kepada wartawan di Terminal Giri Adipura Wonogiri, Rabu (14/12/2022).

Persiapan dan pelaksanaan menyambut Nataru akan dilakukan mulai 19 Desember 2022 hingga 3 Januari 2023.  Dia memprediksi, puncak arus mobilitas jelang Natal terjadi, 22-23 Desember 2022. Di sisi lain, mobilitas tertinggi jelang pergantian tahun terjadi pada 30 Desember 2022 atau 31 Desember 2022. Sementara puncak kedatangan diprediksi, 26-27 Desember 2022.

Adapun persiapan menyambut Nataru 2022/2023 di eks Terminal Krisak itu antara lain akan didirikan Pos Nataru. Pos tersebut akan menjadi pusat informasi, keamanan, dan kesehatan. Pihak terminal akan bekerja sama dengan instansi terkait, seperti Dinas Kesehatan (Dinkes) Wonogiri dan Polres Wonogiri.

Selain itu, pihak terminal akan melakukan ramp check atau inspeksi keselamatan jalan armada. 

Baca Juga: Wah, BRT Trans Jateng Solo-Wonogiri akan Diintegrasikan dengan BST Koridor 6

“Nanti ada rakor bersama instansi terkait persiapan Nataru. Kami juga masih menunggu petunjuk dari Balai Pengelola Transportasi Darat [BPTD] Wilayah X Provinsi Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta,” ujar Agus.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya