SOLOPOS.COM - Alexander Fidellis Arya (kedua dari kiri) menjadi juara I ajang pemilihan Mas dan Mbak Duta Wisata Klaten pada malam Grand Final di Alun-alun Klaten, Sabtu (8/7/2023) malam. (Solopos/Taufiq Sidik Prakoso)

Solopos.com, KLATEN — Pemenang juara I ajang pemilihan Mas dan Mbak Duta Wisata Klaten 2023, Alexander Fidellis Arya, ternyata masih sangat muda dan menjadi yang termuda di antara para finalis lainnya. Usianya baru 16 tahun dan baru saja naik ke Kelas XI SMAN 1 Karangnongko, Klaten.

Seperti diketahui, Pemilihan Duta Wisata Klaten kembali digelar tahun ini setelah absen selama tiga tahun karena pandemi Covid-19. Dari ajang tersebut, terpilih juara I Mas Klaten 2023 atas nama Alexander Fidellis Arya dari Kecamatan Klaten Tengah dan juara I Mbak Klaten, Raphaella Chayla Shaka Lakshita, dari Kecamatan Klaten Tengah.

Promosi Pegadaian Resmikan Masjid Al Hikmah Pekanbaru Wujud Kepedulian Tempat Ibadah

Alexander yang kini berusia 16 tahun masih menempuh pendidikan di SMAN 1 Karangnongko. Sementara Rapahella Chayla Shaka Lakshita yang berusia 18 tahun merupakan mahasiswi semester II Jurusan Ilmu Komunikasi Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

“Jujur tidak menyangka banget. Saya pribadi masih muda banget dan saya masih butuh banyak belajar dan pengalaman,” kata Alex saat ditemui wartawan seusai Grand Final Pemilihan Mas dan Mbak Duta Wisata 2023 di Alun-alun Klaten, Sabtu (8/7/2023) malam.

Selain ikut memajukan pariwisata di Kabupaten Bersinar, Alex termotivasi mengikuti ajang tersebut sekaligus untuk memompa rasa percaya dirinya. Alex juga ingin membahagiakan orang tua dan keluarga yang mendukungnya.

“Jujur sekali, saya orang yang awalnya pesimistis. Tetapi kali ini saya percaya diri,” kata pemuda yang tinggal di Asrama Polisi, Kelurahan Klaten, Kecamatan Klaten Tengah, itu.

Alex mengatakan saat ini pariwisata memasuki masa baru pascapandemi Covid-19. Dia berkomitmen berkolaborasi dengan pemerintah guna kebangkitan pariwisata di Kabupaten Bersinar. Selain itu, dia mendorong ada perbaikan fasilitas hingga akses ke destinasi wisata.

Inovasi Majukan Wisata Klaten

Selain wisata air, Alex membenarkan banyak potensi wisata di Klaten seperti wisata perbukitan. Dia menilai perlu ada pengembangan wisata perbukitan termasuk penghijauan.

Senada dengan Alex, Raphaella Chayla Shaka Lakshita tak menyangka bisa terpilih menjadi juara I Mbak Klaten di antara 10 finalis lainnya. Soal program yang akan disiapkan, Vella mengatakan segera berkolaborasi dengan Asosiasi Duta Wisata Indonesia (Adwindo) untuk menyiapkan program kerja untuk pariwisata di Klaten.

Berbagai sektor kini mulai bangkit pasca pandemi Covid-19 termasuk pariwisata. Vella mengatakan agar bisa bangkit dia menilai butuh inovasi untuk memajukan pariwisata serta ekonomi kreatif di Klaten. Dia berharap dengan inovasi tak hanya menarik minat wisatawan lokal, tetapi bisa menarik wisatawan mancanegara berdatangan.

“Harapannya seperti itu [bisa mendatangkan wisatawan mancanegara], pasti bisa,” kata Vella yang tinggal di Kelurahan Klaten, Kecamatan Klaten Tengah, itu.

Ajang pemilihan Mas dan Mbak Duta Wisata Klaten 2023 digelar di Alun-alun Klaten, Sabtu malam. Tahapan pemilihan duta wisata itu sudah dimulai sejak Maret 2023.

Kepala Dinas Kebudayaan Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata (Disbudporapar) Klaten, Sri Nugroho, menjelaskan tahapan pemilihan Duta Wisata itu sudah digelar sejak Maret lalu diawali dengan pendaftaran. Ajang itu awalnya diikuti 125 orang.

Setelah melalui serangkaian tahapan seleksi, terpilih 10 besar atau 10 laki-laki dan 10 perempuan untuk mengikuti tahapan Grand Final Duta Wisata Klaten 2023.

“Tahapannya melalui tes tertulis, bakat, wawancara, kemudian ada karantina finalis, serta mengikuti city tour. Kegiatan ini bekerja sama dengan Adwindo dan Tiara Kusuma Klaten,” kata Nugroho.

Bupati Klaten, Sri Mulyani, mengatakan proses pemilihan finalis melalui rangkaian yang cukup panjang. “Ini adalah yang terbaik dari yang terbaik. Harapan kami bersama yang terpilih menjadi dutanya pemuda dan pemudi Klaten membawa Klaten ke kancah nasional bahkan internasional. Tugas cukup berat, mempromosikan pariwisata Klaten dan unggulan lainnya,” kata Mulyani.

Daftar Pemenang

Pemenang pada ajang itu bakal mengikuti pemilihan Duta Wisata di tingkat provinsi. Mulyani berharap pemenang pada ajang kali ini bisa berprestasi di tingkat nasional.

Nilai yang digunakan untuk menentukan pemenang pada ajang pemilihan Duta Wisata Klaten merupakan akumulasi nilai dari tahapan awal hingga malam grand final.

Berikut daftar pemenang pada ajang pemilihan Mas dan Mbak Duta Wisata Klaten 2023 :

Juara I

Mas : Alexander Fidellis Arya

Mbak : Raphaella Chayla Shaka Lakshita

 

Juara II

Mas : Frendika Yusup Putra Nugraha

Mbak : Salva Ditya Alvira

 

Juara III

Mas : Pradana Ricardo

Mbak : Chory Fridayanti

 

Juara Harapan 1

Mas : Bagas Nugroho



Mbak : Nabilla Putri Clarisya

 

Juara Inteligensi

Mas : Annaas Arrohiim

Mbak : Veronica Dinda Zerlina

 

Juara Berbakat

Mas : Fikri Ardhian Saputra

Mbak : Chintia Salsa Maliha



 

Juara Favorit

Mas : Rangga Reyfasya Firamansyah

Mbak : Shafa Andhanie Aurellia





Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya