SOLOPOS.COM - Koordinator pelatih di Sanggar Kartika Buana (SKB) Gilingan, Banjarsari, Solo, Brillian Priliko, bersama Jan Ethes Srinarendra, 5, saat berlatih di dojang, belum lama ini. (Istimewa)

Solopos.com, SOLO — Cucu pertama Presiden Joko Widodo (Jokowi), Jan Ethes Srinarendra, 5, menjadi buah bibir beberapa hari terakhir setelah aksinya memenangi kejuaraan taekwondo di Hall Terminal Tirtonadi, Solo, Minggu (14/11/2021).

Bertanding melawan Ignatus Jason dalam kejuaran yang digelar Sanggar Kartika Buana (SKB), Ethes unggul dengan skor 25-10. Video pertarungan Ethes melawan Jason pun viral ditonton banyak warganet yang spontan memberikan pujian kepada Ethes.

Promosi Pegadaian Buka Lowongan Pekerjaan Khusus IT, Cek Kualifikasinya

Apalagi di video tersebut terlihat aksi dramatis Ethes ketika berhasil menjatuhkan lawannya dengan satu tendangan kaki kanan. Lawan Ethes sampai dibuat terjatuh ke belakang setelah menerima tendangan Ethes yang mendarat telak di area sekitar perut.

Aksi Jan Ethes semakin diapresiasi setelah diketahui ternyata putra sulung Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka itu belum lama berlatih taekwondo di Sanggar Kartika Buana. Hal itu disampaikan Koordinator Pelatih SKB, Brillian Priliko, saat diwawancarai Solopos.com melalui telepon, Selasa (17/11/2021).

Baca Juga: Isu Rangkap Jabatan Dinilai Bisa Ancam Reputasi Gibran di Dunia Politik

“Mas Ethes dulu pernah latihan sebelum PPKM Darurat, kira-kira sepekan. Tapi tahu-tahu ada kebijakan PPKM Darurat itu, terus off. Soalnya Mas Wali juga masih sibuk. Terus ketika sudah PPKM Level 2 Mas Ethes aktif lagi sebulan lebih ini,” terangnya.

Brillian menjelaskan walau belum lama berlatih taekwondo, Ethes terbilang cepat menyerap materi yang diajarkan kepadanya. Pendapatnya merujuk power atau tenaga Ethes ketika berlatih menendang target. “Power pas menendang target sudah terasa,” ungkapnya.

Awalnya Malu-Malu

Brillian menerangkan ketika awal-awal berlatih taekwondo di Dojang SKB Gilingan, Jan Ethes masih malu-malu. Tapi sebulan terakhir kakak dari La Lembah Manah itu sudah nyaman dan percaya diri. Ethes kini berlatih bersama puluhan temannya.

Baca Juga: Menang Kejuaraan Taekwondo, Jan Ethes Mau Jadi Atlet?

Berdasarkan pengalaman Brillian, Ethes mempunyai kelebihan dalam hal tendangan kaki, terutama kaki kiri. “Memang kalau bakat [Ethes] saya kira ada. Karena memang tendangannya untuk anak seusia Ethes sudah berisi. Apalagi kaki kirinya,” urainya.

Ditanya jurus yang dipakai Ethes ketika memenangi kejuaraan di Hal Terminal Tirtonadi, Brillian menyebut teknik tendangan Ap Chagi atau front kick. Teknik ini juga disebut snap kick karena kecepatan yang diberikan di tendangan itu.

Dengan tendangan itu Ethes berhasil membuat lawannya terjungkal ke belakang. “Namanya teknik tendangan Ap Chagi. Sebenarnya itu tendangan ke atas. Tapi bisa dipakai juga ke arah depan, seperti yang kemarin dilakukan Ethes saat bertanding,” kata dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya