SOLOPOS.COM - Mas Nawang dan Mbak Nadila saat menjadi pemenang Duta Wisata Boyolali 2023 di Alun-alun Pancasila Cepogo Boyolali, Sabtu (8/7/2023). (Istimewa)

Solopos.com, BOYOLALI — Malam penobatan Mas dan Mbak Duta Wisata Boyolali telah digelar pada Sabtu (8/7/2023). Dalam acara tersebut, Peserta nomor urut 01, Nawang Purbo Aji, 20, dan nomor urut 02, Nadila Tri Nastiti, 20, dinobatkan menjadi Mas dan Mbak Boyolali.

Pada malam puncak Mas dan Mbak Boyolali tersebut, mereka berhasil menyisihkan 18 peserta yang lain.

Promosi Pegadaian Buka Lowongan Pekerjaan Khusus IT, Cek Kualifikasinya

Mas Nawang mengaku tidak menyangka bisa menjuarai ajang tersebut. Ia merasa semua peserta Mas dan Mbak Boyolali memiliki kompetensi dan keterampilan yang layak untuk menjadi juara.

“Kesempatan menjadi juara I ini akan menjadi pembelajaran bagi saya untuk lebih baik ke depannya,” kata dia saat diwawancara Solopos.com seusai acara.

Lebih lanjut, sebagai juara Mas Duta Wisata Boyolali, Mas Nawang ingin mempromosikan lebih lanjut wisata-wisata di Boyolali, khususnya wisata yang belum terlalu dikenal masyarakat luas.

Berdasarkan informasi yang dihimpun Solopos.com, Mas Nawang merupakan mahasiswa semester IV Universitas Negeri Semarang (Unnes) jurusan Bimbingan dan Konseling. Ia merupakan lelaki asli Dukuh Randu, Desa Temon, Kecamatan Simo, Kabupaten Boyolali.

Senada, Mbak Nadila juga tidak menyangka mendapatkan juara I Duta Wisata Boyolali 2023. Ia merasa persaingan untuk menjadi jawara juga ketat.

“Pastinya 10 pasang finalis juga sudah dipilih yang terbaik di Boyolali, sehingga saya tidak menyangka dapat menjadi Mbak Boyolali 2023,” kata dia.

Ke depan, Mbak Nadila ingin mempromosikan pariwisata di Boyolali agar dapat dikenal oleh masyarakat luas, baik kancah nasional maupun internasional.

Sebagai informasi, Mbak Nadila merupakan mahasiswa Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) semester IV jurusan akuntansi. Ia berasal dari Dukuh Bade, Desa Bade, Kecamatan Klego, Kabupaten Boyolali.

Sebelumnya diberitakan, Kepala Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Boyolali, Budi Prasetyaningsih, mengungkapkan 20 peserta yang terpilih telah diseleksi dari total 101 peserta. Dari jumlah tersebut terdiri dari 39 peserta laki-laki dan 62 peserta perempuan.

Ke-101 peserta telah melaksanakan seleksi tertulis, bakat, dan wawancara pada Minggu (2/7/2023). Dari tahap tersebut, mengerucut menjadi 10 pasang atau 20 peserta Mas dan Mbak Duta Wisata Boyolali.

Selanjutnya, 20 peserta terpilih melaksanakan karantina di Front One Hotel Airport Boyolali selama tiga hari mulai Kamis-Sabtu (6-8/7/2023). Dilanjutkan malam puncak pada Sabtu malam.

“Tujuan dari kegiatan ini adalah yang pertama untuk memilih generasi muda yang kreatif, inovatif, berjati diri, dinamis, berbudaya, dan berwawasan luas, sekaligus memiliki kemampuan meningkatkan citra pariwisata di Kabupaten Boyolali,” katanya.

Tujuan kedua, lanjut Ning, mendorong tumbuh dan berkembangnya semangat memelihara, melestarikan adat serta budaya Boyolali, khususnya pada generasi muda. Ketiga, sebagai upaya mempromosikan potensi-potensi wisata dan budaya yang ada di Boyolali.

Sementara itu, Bupati Boyolali, M. Said Hidayat, yang hadir dalam kegiatan mengucapkan terima kasih atas antusiasme masyarakat mengikuti kegiatan Mas Mbak Boyolali.

“Semoga yang terpilih maupun yang tidak terpilih tetaplah bersemangat untuk membangun Kabupaten Boyolali,” jelas dia.

Berikut daftar pemenang Mas Mbak Boyolali 2023 di Alun-alun Pancasila Cepogo:

Juara I Mas Boyolali: Nawang Purbo Aji.

Juara I Mbak Boyolali: Nadila Tri Nastiti.

Juara II Mas Boyolali: Dimas Madyriptanto.

Juara II Mbak Boyolali: Ratna Nur H.

Juara III Mas Boyolali: Titan Kusuma.

Juara III Mbak Boyolali: Marshita Irma Nur.



Juara Mas Persahabatan: Zagar Iqbal  Hakim

Juara Mbak Persahabatan: Siti Yogi Oktafiana

Juara Mas Intelegensi: Haffiedzt Raffy A.

Juara Mbak Intelegensi: Yasmin Rosiana A.

Juara Mas Favorit: Muhammad Akbar Adhyaksa

Juara Mbak Favorit: Octa Selsa Is A.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya